Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Tiga Pengedar 4 Kg Naroba Sabu di Penyengat Divonis 14 Tahun Penjara

Pembacaan putusan 3 terdakwa pengedar dan pemilik 4 Kg narkoba sabu digelar secara virtual tanpa layar di PN Tanjunginang (foto:Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Terbukti edarkan narkoba sabu 4.040 gram, Tiga terdakwa masing-masing Hasan, Amril dan Anton Junaidi dihukum 14 tahun penjara, denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan.

Putusan dibacakan Majelis Hakim, Bungaran Pakpahan didampingi Hakim anggota, Risbaritas Manurung dan Justiar Ronal di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa(14/4/2021).

Dalam putusannya, Hakim menyatakan ketiga terdakwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah,  tanpa hak menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli menukar atau menyerahkan Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratnya sebanyak 4.040 gram.

Sebagaimana dakwaan Pertama Jaksa Penuntut, melanggar pasal 114 ayat 2 UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 132 ayat 1 UU nomor  35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Menjatuhkan hukuman, kepada ketiga terdakwa dengan hukuman selama 14 tahun penjara, denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan,” kata Bungaran.

Putusan hakim ini, lebih ringan 3 tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut umum Ristianti SH dari Kejaksaan tinggi Kepri, yang sebelumnya menurut ketiga terdakwa dengan tuntutan masing -masing 17 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Atas putusan tersebut, ke tiga terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya A NUr SH menyatakan menerima. Demikian juga Jaksa Penuntut umum.

Pengungkapan dan penangkapan peredaran narkoba sabu 4 kilogram ini, sebelumnya dilakukan BNN Provinsi Kepri. Dalam pengungkapanya, anggota Polisi dari BNN awalnya menangkap terdakwa Amril di pelabuhan rakyat Penyengat saat sedang mengendarai sepeda motor merk Suzuki Skywave warna hitam BP 4165 TS.

Dari penangkapan Amril, Polisi juga berhasil mengamankan satu buah tas ransel warna hijau yang berisi 4 bungkus plastik bening berisi kristal diduga narkotika golongan I jenis sabu seberat 4.040 gram yang disimpan di dalam rumahnya.

Dari hasil interogasi yang dilakukan, terdakwa Amril mengaku disuruh oleh terdakwa Anton Junaedi, hingga dilakukan penangkapan terhadap Anton di daerah Tepi Laut Tanjungpinang September 2020 lalu dari penangjapan itu polisi juga kembali menangkap Hasan, dan seluruh  terdakwa langsung dibawa ke BNN Kepri guna penyidikan.

Penulis:Roland
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...