Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kementerian PUPR Serahkan Dua IPAL Komunal Ke Perkim Bintan

Sarana IPAL Komunal yang dibangun Direktorat Jenderal Cipta Karya, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kepulauan Riau Kementerian PUPR di Bintan.

PRESMEDIA.ID, Bintan – Direktorat Jenderal Cipta Karya, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Riau Kementerian PUPR, menyerahkan dua proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kecamatan Bintan Utara ke Dinas Perumahan Dan Permukiman (Perkim) Bintan, Rabu (14/4/2021).

Proyek IPAL yang didanai APBN dengan dana Rp 1 miliar itu merupakan proyek 2020 yang pengerjaan dan perawatannya telah selesai dilakukan.

Lurah Tanjung Uban Kota, Helmi Setyawati, mengatakan ada 2 IPAL Komunal yang dibangun di wilayah kerjanya. Untuk yang pertama dibangun di Kampung Mentigi, RT 02/RW 01 dan untuk yang kedua dibangun di Kampung Ulu Riau RT 04/RW 02.

“Keduanya mendapatkan kucuran anggaran masing-masing Rp 500 juta yang selanjutnya dikerjakan oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat,” ujarnya.

Untuk IPAL di Kampung Mentigi, dibangun dengan penerima manfaat sebanyak 32 KK (Kepala Keluarga). Sedangkan untuk di Kampung Ulu Riau, dibangun untuk penerima manfaat sebanyak 18 KK dan dibangun 2 unit jamban umum.

Dengan dibangun IPAL Komunal ini, diharapkan, sanitasi lingkungan semakin lebih baik. Karena dengan adanya IPAL ini kotoran jamban tidak langsung terbuang ke laut, melainkan ke septic tank komunal.

“Adanya IPAL ini maka kesehatan lingkungan dan masyarakat akan menjadi lebih baik,” katanya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan KSM Kampung Mentigi, Mamat menyebutkan jika pembangunan IPAL Komunal di wilayahnya sudah dimanfaatkan oleh 32 KK dari rumahnya masing-masing.

“Sampai saat ini berfungsi baik dan belum ada kendala. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat disini,” ucapnya.

Penulis: Hasura
Editor. :Redaksi

Comments
Loading...