Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Positif Covid-19, KY (58) Wanita Asal Kijang Bintan Meninggal Dunia

Kepala Dinas Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni. (foto: dokumentasi/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – KY (58) seorang wanita asal Kampung Kelong Enam, Kelurahan Kijang Kota, Kabupaten Bintan meninggal dunia, akibat covid-19. Selasa (12/4/2021).

KY menghembuskan napas terakhirnya, setelah menjalani perawatan intesif di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri di Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan Dinkes Bintan dr Gama AF Isnaini membenarkan adanya seorang pasien positif covid-19 meninggal dunia.

“Benar inisialnya KY. Dia meninggal dunia dan telah dimakamkan di TPU Kijang Kota, Km 25,” ujar Gama, kemarin.

Menurut, dr Gama, almurhumah KY awalnya mengalami sakit dengan gejala demam, batuk, dan sesak pada sepekan sebelum ia meninggal, yakni sekitar hari Selasa (5/4/2021). Lalu beberapa hari kemudian bersangkutan melaksanakan rapid test antigen dengan hasilnya positif covid.

Lantas wanita itu memeriksakan diri kembali di RSUD Bintan dan mendapatkan penanganan medis di sana. Kemudian dia juga melaksanakan pengambilan swab untuk dicek PCR.

“Dua hari kemudian tepatnya Minggu (10/4/2021), bersangkutan dirujuk ke RSUP RAT Kepri karena bergejala,” jelasnya.

Setelah dua hari mendapatkan penanganan dan perawatan medis, wanita tersebut dinyatakan telah meninggal dunia, Selasa (12/4/2021). Sedangkan hasil PCR-nya keluar dua hari setelah pemakamannya yaitu Rabu (14/4/2021).

“Tim medis sudah memastikan jika pasien itu positif covid-19. Jadi ketika meninggal dunia dimakamkan sesuai prosedur penanganan covid-19,” katanya.

Hingga saat ini jumlah pasien positif covid-19 yang meninggal dunia sudah mencapai 21 orang. Diantaranya 8 orang meninggal dunia pada 2020 lalu dan 13 orang dari Januari-April 2021.

Sedangkan jumlah kasus covid-19 sebanyak 796 orang. Dari total tersebut, 731 orang berhasil sembuh.

“Kasus aktif sampai saat ini ada 44 orang. Mereka ada yang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dan ada di rumah sakit,” ucapnya.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...