Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sekda Arif: Sesuai Fatwa MUI, Suntik Vaksin Saat Ramdhan Tidak Membatalkan Puasa

Sekdaprov Kepulauan Riau H TS Arif Fadillah. (foto: ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Meski menjalani puasa di bulan Ramadhan ini, Namun proses vaksinasi COVID-19 di Provinsi Kepulauan Riau tetap berjalan. Bahkan, sejumlah daerah melakukan vaksinasinya di malam hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah, mengakui jika di bebera daerah di Kepri, ada yang melakukan vaksiniasi di malam hari.
Karena pada dasarnya, pemerintah provinsi Kepri menyerahkan sistem pelaksanaan vaksinasi tersebut ke daerah masing-masing kabupaten/kota.

“Vaksi pada malam hari tidak ada masalah, seperti di Natuna kemarin lapor melakukan suntik vaksin pada malam hari,” ungkapnya saat ditemui di Masjid Raya Nur Illahi, Pulau Dompak, Rabu (14/4/2021).

Ia mengatakan, baik siang maupun malam hari, pelaksanaan vaksinasi tidak menjadi persoalan. Terlebih, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa bahwa suntik vaksin tidak membatalkan puasa.

Jadi kalau dilaksanakan pada siang hari pun selama bulan Ramadan, dan penerima vaksin sedang berpuasa itu tidak masalah.

“Kami serahkan ke masing-masing daerah saja, yang terpenting vaksinasi tetap berjalan aman,” ujarnya.

Untuk diketahui, total sasaran vaksinasi COVID-19 di Provinsi Kepri sebanyak 1.476.091 orang. Sementara, hingga saat ini progres vaksinasi dosis pertama baru 96.212 orang atau 29,2 persen dan dosis ke-2 sebanyak 34.624 orang atau 10,5 persen.

Penulis:Ismail
Editoe  :Ogawa

Comments
Loading...