Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Awas…! Timbun Bahan Pokok Diancam 12 Tahun Penjara

Photo Ilsutrasi: Bahan Sembako (Ist)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Tim Satgas Pangan kabupaten Bintan terus melakukan monitoring dan pemantauan terhadap ketersediaan dan stabilitas harga, stok bahan pokok  dan penting (Bapokting) di Kabupaten Bintan saat lebaran dan menjelang Hari Raya idul Fitri.

Bahkan tim Satgas Pangan yang terdiri dari Dinas perdagangan (Disperindag) dan Kepolisian mengingatkan pedagang dan distributor bahan Pokok di Bintan, agar tidak menimbun bahan pokok dan penting, seperti sembilan bahan pokok (sembako), Gas dan BBM jika tidak mau dihukum 12 tahun penjara dan denda Rp.50 juta.

Saksi dan ancaman hukuman itu, termaklum didalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan.

Anggota Tim Satgas Pangan Bintan, Setia Kurniawan, mengatakan komitmen itu ditandai dengan adanya kesepakatan bersama dengan pihak distributor, yang diwujudkan melalui pakta integritas.

“Hal itu dilakukan agar stok Bahan Pokok dan penting lainya tersedia dan harganya selalu stabil. Kami mengikatkan (warning) distributor dan pedagangnya, siapa yang melanggar, memainkan stok dan harga akan diproses dan dijerat dengan UU Perdagangan, dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp.50 juta,” ujarnya jumat (15/4/2021).

Satgas Pangan lanjutnya, juga meminta kepada distributor agar tidak hanya menjalankan haknya dalam berdagang atau berniaga, Tetapi, juga harus menjalankan tanggung jawab memastikan ketersediaan komoditas bapokting, dalam memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat, dengan tidak mempermainkan harga sesuka hati tanpa ada dasar yang kuat.

Saat ini sebutnya, dari pantauan dinas perdagangan Bintan, stok bahan pokok masih tersedia, dengan harga pasar yang masih stabil.

“Seperti cabai, bawang dan lainnya karena mendapatkan pasokan penuh dari Pulau Jawa yang saat ini sedang panen raya, ketersediaan stock dan harganya masih stabil,” jelasnya.

kebutuhan pokok di Bintan tercukupi. Bahkan selama ramadhan sampai lebaran dipastikan seluruh komoditi barang ada dan harganya juga stabil,” ucapnya.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...