Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Warga Kepri Boleh Mudik Lokal, Tapi Wajib Swab Antigen dan GeNose

Gubernur Kepri Ansar Ahmad.(Foto: Dokumentasi/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memperbolehkan masyarakat Kepri, untuk mudik lokal antar pulau di Kepri, pada saat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Namun, mudik lokal tersebut akan diawasi dengan ketat dan pemudik wajib menunjukkan bukti hasil swab antigen atau GeNose di pelabuhan. Hal tersebut disampaikan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat ditemui di Tanjungpinang, Jumat (16/4/2021).

“Konsepnya kita berikan ruang (mudik) untuk wilayah Kepri saja, Namun dengan persyaratan yang ketat. Harus ada hasil antigen atau GeNose,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Ansar mengimbau bagi warga yang ingin mudik saat lebaran nanti dapat mengikuti syarat serta ketentuan dan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Percepatan dan Penanganan COVID-19, TS Arif Fadillah, mengatakan kapal-kapal domestik antarpulau yang menjadi angkutan umum tetap beroperasi selama mudik Lebaran.

Namun, bagi warga yang akan mudik menggunakan transportasi laut antar kabupaten/kota, wajib menunjukkan surat keterangan negatif COVID-19 dari hasil tes swab antigen atau GeNose.

“Pemudik yang telah divaksin sekalipun, harus tes Covid-19 dengan swab antigen atau GeNose,” sebutnya.

Selain itu, dikatakan Arif, untuk mudik antar provinsi tetap tidak diperbolehkan, kecuali ada keperluan mendesak, semisal perjalanan dinas, orang tua meninggal/sakit, dan ibu hamil.

“Itu diperbolehkan, tapi wajib dilengkapi surat izin dari pihak-pihak terkait,” demikian Arif.

Penulis: Ismail
Editor : Redaksi

Comments
Loading...