Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Terdampak Refocusing, Program Mudik Gratis Pemkab Bintan 2021 Ditiadakan

Kepala dinas Perhubungan kabupaten Bintan Insan Amin (Foto:Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah kabupaten Bintan menyatakan, program mudik gratis lebaran bagi warga 2021, dengan menyediakan transportasi laut tahun ini ditiadakan.

Pasalnya, program tersebut masuk dalam rasionalisasi atau refocusing anggaran APBD Bintan 2021.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan, Muhammad Insan Amin, mengatakan biasanya pemerintah daerah menyediakan mode transportasi laut untuk melayani mudik lebaran bagi warga termasuk warga Tambelan.

“Tapi untuk tahun ini, kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan karena defisit anggaran, dan program kegiatan itu masuk dalam refocusing APBD 2021,” ujarnya pada wartawan  Jumat (16/4/2021).

Untuk program mudik gratis bagi warga ini, pemerintah kabupaten Bintan sebelumnya mengalokasikan dana Rp 500 juta dari  APBD. Dana itu, diperuntukan menyewa kapal Ferry untuk melayani warga dari Bintan ke Tambelan dan pulau lainya Pulang-Pergi (PP) menjelang dan sesudah lebaran.

Insan Amin menambahkan, rasionalisasi atau refocusing anggaran itu dilakukan untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi serta perbaikan pasca banjir yang terjadi awal tahun 2021 kemarin.

“Refocusing dananya difokuskan pada penanganan covid-19 di Kabupaten Bintan. Sehingga tidak ada anggaran lagi untuk sewa Ferry,” jelasnya.

Mudik gratis bagi warga Tambelan ini sendiri, sudah sejak pandemi covid-19 di 2020 lalu. Terakhir dilaksanakan pada 2019 lalu.

Namun demikian Insan Amin menyatakan, warga Tambelan masih tetap bisa pulang ke kampung halamannya dengan menggunakan Kapal Pelni Cabang Tanjungpinang yang saat ini juga masih mengoperasikan seperti KM Sabuk Nusantara 80, 83 dan 48 yang tentunya dengan biaya sendiri.

Penulis:Hasura
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...