Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Satgas Covid-19 Buka Tiga Lokasi Pusat Vaksinasi Lansia di Tanjungpinang

Lansia di Tanjungpinang sedang mengikuti vaksinasi di Pusat Vaksinasi Lansia Pujasera Lapan Lapan Bintan Center Batu 9, Tanjungpinang, Senin 19 April 2021. (foto: ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Kepri bersama Pemerintah Kota Tanjungpinang membuka tiga lokasi vaksinasi bagi lansia di Tanjungpinang.

Ketiga lokasi itu yakni, di Gedung Asrama Haji Jalan Pemuda, Perpustakaan Kota, dan Pujasera Lapan-Lapan Pasar Bintan Centre, Tanjungpinang.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri, Tjetjep Yudiana, mengatakan layanan vaksinasi terhadap kelompok Lansia mulai dibuka hari ini Senin (19/4/2021).

“Sesuai arahan Pak Gubernur agar kelompok lansia diprioritaskan, karena memang lansia termasuk orang yang rentan terpapar COVID-19,” ungkapnya.

Ia mengatakan, vaksin yang disuntikkan kepada para lansia tersebut merupakan vaksin produsen Sinovac. Oleh karena itu, Tjetjep mengimbau kepada seluruh warga di Tanjungpinang yang memiliki orang tua usia di atas 60 tahun di rumah, agar membawanya ke pusat vaksinasi lansia yang sudah ditetapkan.

“Apabila ada di rumahnya ada orang tua 60 tahun ke atas, tolong dibawa ke pusat vaksinasi tersebut. Sehingga kita bisa terus menggesa progres vaksinasi terhadap lansia,” imbaunya.

Selain itu, Tjetjep mendorong seluruh daerah di Kepri juga dapat mendirikan posko atau pusat vaksinasi terhadap lansia. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penularan COVID-19 pada kelompok rentan, serta mencapai target vaksinasi lansia di masing-masing daerah.

Kemudian, Puskesmas juga diminta turut melakukan pendataan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang masuk dalam ketegori lansia.

“Saat ini memang, Kepri di atas rata-rata nasional capaian vaksinasinya. Karena stok vaksin masih tersedia, tentu lebih baik kita gesa. Sehingga masyarakat mendapatkan manfaatnya,” ucapnya.

Untuk diketahui, hingga 18 April 2021 capaian vaksinasi di Kepri sudah mencapai angka 33,8 persen atau 105.776 orang vaksinasi dosis pertama. Sementara untuk dosis kedua sebanyak 37.003 orang atau 12,2 persen.

Adapun kelompok sasaran vaksinasi saat ini yakni, petugas pelayanan publik dan lansia. Capaian untuk lansia sendiri saat ini, dosis pertama 13.165 dan dosis kedua 3.384 orang. Ditargetkan pada tahun 2021 ini, sebanyak 1,4 juta warga Kepri sudah disuntik vaksin demi menekan penyebaran pandemi COVID-19.

Penulis : Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...