Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

DPRD Tanjungpinang Gelar Pemilihan Wakil Wali Kota 10 Mei 2021

*Panlih DPRD Verifikasi Syarat Calon Wawako Tanjungpinang     

Hendi Amerta Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) wakil wali kota di DPRD kota Tanjungpinang. (Foto:Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemilihan Wakil kepala daerah (Wakil Wali kota) Tanjungpinang sisa masa jabatan 2018-2023 akan dilakukan DPRD kota Tanjungpinang pada 10 Mei 2021 mendatang.

Ketua Panitia Pemilihan Wakil kepala daerah, DPRD kota Tanjungpinang Hendi Amerta, mengatakan agenda paripurna pemilihan wakil kepala daerah/wakil wali kota itu, dilaksanakan sesuaikan dengan Tata Tertib yang sebelumnya telah disusun dan disahkan DPRD mengacu ke pasal 23 dan 24 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD.

“Memang sesuai dengan yang diagendakan Banmus DPRD kemarin, minimal 28 April akan dilakukan Paripurna Pemilihan. Namun sesuai dengan Tata Tertib yang sudah disahkan, juga mengatur mengenai tata cara pemilihan dan perlengkapan pemilihan,” ujar Hendi pada PRESMEDIA.ID Senin (19/4/2021).

Demikian juga dengan persyaratan calon, penyampaian kelengkapan dokumen persyaratan, sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan serta jadwal dan tahapan pemilihan.

Saat ini lanjutnya, Panitia Pemilihan DPRD juga tengah melakukan verifikasi administrasi dokumen calon wakil wali kota ke universitas yang mengeluarkan ijazah masing-masing calon.

“Jangka waktu verifikasi ini dilakukan selama 10 hari dan jika belum lengkap dapat ditambah 7 hari,” ujarnya.

Setelah verifikasi administrasi dan dokumen persyaratan calon selesai dilakukan lanjut politisi PKS ini, Panitia Pemilihan akan mengusulkan pelaksanaan Paripurna penetapan calon wakil wali kota.

“Diluar dari jadwal yang kami agendakan, kemungkinan juga akan dilaksanakan PAW calon anggota DPRD, pengganti Calon wakil wali kota yang mengundurkan diri,” sebutnya.

Jadwal dan tahapan berikutnya, lanjut Hendi, calon wakil walikota yang telah ditetapkan, nantinya akan menyampaikan visi dan misi-nya sebagai calon wakil Kepala Daerah dalam rapat Paripurna, sebelum akhirnya pada 10 Mei 2021 dilakukan pemilihan, dan penetapan calon terpilih.

Sebagaimana diketahui, kendati sebelumnya sempat menjadi polemik, Walikota Tanjungpinang Hj Rahma, akhirnya menyerahkan dua nama calon wakil walikota (Wawako) usulan Partai pengusung ke DPRD Kota Tanjungpinang.

Pengusulan Dua nama cawawako kota Tanjungpinang itu, dilakukan walikota Rahma melalui surat nomor 132/529/1.1.02/2021 Perihal:Tindak lanjut pengusulan calon Wakil walikota Tanjungpinang tanggal 31 Maret 2021.

Dalam suratnya itu, Rahma mengatakan, Gabungan partai pengusung (Partai Golkar dan Partai Gerindra) telah mengusulkan nama calon wakil walikota kepada walikota melalui surat nomor Istimewa, Perihal pengajuan calon wakil wali kota sisa masa jabatan 2018-2023 tertanggal 9 November 2020 (Tanpa Rekomendasi) dan Surat Nomor; Istimewa, Perihal pengiriman lampiran rekomendasi partai pengusung tanggal 28 Desember 2020.

“Bahwa berdasarkan apa yang terurai di atas. Wali kota Tanjungpinang dengan ini, meneruskan usulan gabungan partai politik terkait nama calon wakil wali kota Tanjungpinang sisa masa jabatan 2018-2023 kepada DPRD kota Tanjungpinang, untuk dipilih dalam rapat Paripurna sesuai dengan ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku, yaitu; Endang Abdulah (Partai Gerindra) dan Ade Angga (Partai Golkar),” ujarnya sebagaimana petikan surat yang diperoleh media ini.

Penulis:Redaksi
Editor :Redaksi

Comments
Loading...