Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Jaga Akuntabilitas Keuangan, Gubernur Ansar Lantik Kepala BPKP Kepri

Prosesi pelantikan Wawan Yulianto sebagai Kepala BPKP Kepri oleh Gubernur Kepri H Ansar Ahmad di Gedung Daerah Rabu 20 April 2021. (foto: ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, melantik Wawan Yulianto sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepri di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (20/4/2021).

Dalam sambutannya, Ansar mengucapkan selamat kepada pejabat BPKP Perwakilan Kepri yang baru dilantik. Ia mengatakan, saat ini Pemprov Kepri tidak saja berkomitmen untuk mencapai hasil yang baik, melainkan juga juga mencapai sistem keuangan yang akuntabilitas.

“Maka dari itu, kami berharap BPKP dapat menjaga akuntabilitas keuangan di daerah maupun pusat,” ungkapnya.

Ia mengatakan, saat ini kerjasama antara BPKP dan Pemprov Kepri terjalin sangat baik. Bahkan, pihak BPKP Perwakilan Kepri baru saja menyelesaikan audit keuangan untuk pelaksanaan APBD Kepri 2020.

“Kami yakin kerjasama yang terjalin saat ini dapat dipertahankan atau bahkan dapat lebih ditingkatkan lagi,” katanya.

Sementara itu, Perwakilan BPK RI, Iwan Taufik Purwanto, mengutarakan pembangunan yang berkelanjutan merupakan tugas pemerintah. Program pembangunan di suatu daerah baik pusat atau daerah harus dilaksanakan guna mewujudkan tujuan pembangunan.

“Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga pertanggungjawaban. Termasuk delivery-nya,” ujarnya.

Ia mengemukakan, selain BPKP pemerintah juga telah membentuk Aparat Pengawasan Internal Pemerintahan (APIP) guna mengurangi resiko, baik kecurangan, korupsi dan permasalahan hukum lainnya.

”Untuk mencegah hal tersebut peran pengawasan sangat penting. Maka dari itu diharapkan Ketua BPKP yang baru dapat beradaptasi dan berkoordinasi dengan pemangku jabatan daerah setempat,” pesannya.

Penulis : Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...