Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Serapan APBD Minim, DPRD Kepri Sarankan Gubernur Bentuk Tim Khusus

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Sirajuddin Nur. (foto: ismail/presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Sirajudin Nur, menilai kondisi serapan APBD 2021 yang saat ini baru mencapai 6 persen sangat memprihatinkan.

Untuk itu Sera, demikian sapaan akrabnya Sirajuddin, menyarankan Gubernur Kepri Ansar Ahmad untuk membentuk Tim Khusus Percepatan Penyerapan APBD 2021.

Menurut Sera, lambannya serapan APBD tersebut tidak saja memperburuk laju pertumbuhan ekonomi secara makro, tapi secara mikro ekonomi kerakyatan juga sulit bertumbuh.

“Ini kisah klasik dan hampir tiap tahun serapan anggaran daerah memang tidak cukup baik. Tapi kita akui tahun ini adalah yang terburuk, karena hampir semua program pemerintah tidak bisa dijalankan,” ungkapnya, Rabu (21/4/2021).

Ia mengatakan, pihak Pemprov Kepri beralasan lambatnya serapan anggaran tersebut ditengarai akibat peralihan sistem. Yang sebelumnya menggunakan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) beralih ke Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) sesuai dengan Permendagri No. 70 tahun 2019.

“Kami sedang mendalami ini apakah ini karena Human Error atau System Error,” ujarnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menerangkan, persoalan serapan anggaran daerah tidak lepas dari tiga hal yakni, politis, teknis dan hukum.

Ketiga hal itu bisa berdampak pada lambatnya serapan anggaran daerah.

“Jika masalahnya politis, pemerintah pusat bisa turun tangan menyelesaikan atau menangani, kalau masalahnya teknis. kita harus sama sama mencari cara untuk menyelesaikan, kalau masalah hukum atau regulasi, pemda silahkan berkoordinasi ke Kemendagri,” kata Sera.

Oleh karena itu, anggota fraksi PKB-PPP ini menyarankan agar Gubernur segera membentuk tim khusus percepatan penyerapan anggaran APBD 2021.

Salah satunya, dengan membentuk Tim Khusus Percepatan Penyerapan Anggaran Daerah. Dimana, tugas tim ini untuk mengurai benang kusut masalah sistem tadi dan mengkoordinasikan Penerapan SIPD di masing masing OPD

“Agar semua perangkat daerah memiliki kesamaan persepsi dan kemampuan yang sama dalam mengoperasionalisasikan SIPD tersebut,” demikian Sera.

Penulis: Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...