Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemprov Kepri Dorong Pelindo dan Bandara Siapkan Alat GeNose Bagi Penumpang di Kepri

Sekda Kepri TS.Arif Fadillah

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau meminta PT Pelindo Cabang Tanjungpinang menyediakan alat GeNose sebagai alat pemeriksaan Covid-19 bagi penumpang di kawasan pelabuhan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS.Arif Fadillah mengatakan, hal itu sesuai dengan Surat Edaran kepala BNPB, dan menteri Perhubungan, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Gubernur Kepri kepada Bupati dan Walikota, nomor:453/SET-STC19/IV/2021 tentang Ketentuan perjalanan orang dalam negeri dan Internasional dengan Moda transportasi Umum di Pelabuhan dan bandara, dalam rangka pencegahan, penyebaran Covid-19 di provinsi Kepri.

“Sebab itu, kita sudah dorong PT.Pelindo dan Bandara, agar menyiapkan alat GeNose itu, karena memang alat tersebut penting ada di setiap Pelabuhan dan Bandara,’’ ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, Jumat (23/4/2021).

Ia mengatakan, Selain SE Menteri Perhubungan, pihak PT.Pelindo pusat, juga telah menginstruksikan kepada seluruh Cabang pelabuhan termasuk di Tanjungpinang untuk mengadakan alat GeNose tersebut.

Maka dari itu, lanjut Arif, pihaknya menyarankan agar pihak Pelindo dapat bekerjasama dengan Kimia Farma untuk menyediakan alat tersebut di pelabuhan.

Sehingga, masyarakat yang akan berangkat bisa melakukan pemeriksaan COVID-19 yang cepat dan murah.

“Jadi bisa saja saling kerjasama, Pelindo bisa menyediakan tempat, lalu Kimia Farma menyediakan alat,” kata Arif.

Sebelumnya, Pemprov Kepri mengizinkan masyarakat untuk mudik lokal pada saat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Namun, wajib menunjukkan bukti hasil negatif rapid antigen atau GeNose di pelabuhan.

“Konsepnya kita berikan ruang (mudik) untuk wilayah Kepri saja, namun dengan persyaratan yang ketat. Harus ada hasil antigen atau GeNose,” kata Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, belum lama ini.

Oleh karena itu, Ansar mengimbau bagi warga yang ingin mudik dapat saat lebaran nanti dapat mengikuti syarat serta ketentuan dan menerapkan protokol kesehatan.

Penulis:Ismail
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...