Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Dipanggil Polisi, Oknum ASN Terduga Calo IPDN Mangkir, Mengaku Sedang di Pekanbaru

Terduga pelaku Penipuan, calo IPDN, Vinna Saktiani, ASN Pemko Tanjungpinang mangkir dari panggilan penyidik Polres Tanjungpinang (Foto:Istimewa)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Oknum ASN Pemko Tanjungpinang tersangka Vs (Vinna Saktiani) mangkir dari panggilan penyidik Polres Tanjungpinang, Senin (26/4/2021).

Terduga Calon penerimaan mahasiswa IPDN ini, meminta penundaan pemeriksaan dengan alasan sedang berada di Pekanbaru-Riau.

Kuasa Hukum tersangka Vinna, Agus Riauwantoro SH mengatakan, bahwa kliennya (Vinna) pada hari ini tidak bisa memenuhi panggilan penyidik, karena kebetulan yang bersangkutan posisinya berada di Pekanbaru Riau.

“Hari ini tidak bisa hadir, sehingga kami mengajukan surat permohonan ke penyidik untuk diperiksa setelah lebaran. Karena Vina kembali ke Tanjungpinang setelah Lebaran,” kata Agus saat ditemui di Polres Tanjungpinang, Seni (26/4/2021).

Agus menyebutkan, pernyataan yang dilayangkan ke penyidik Polisi itu, sifatnya adalah permohonan dan pertimbangannya adalah dari penyidik diterima atau tidak.

“Status klien kami, sesuai dengan panggilan penyidik memang disebut tersangka,” jelas Agus.

Ditempat yang sama, Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra juga membenarkan penetapan tersangka terhadap oknum ASN pemko Tanjungpinang itu.

Terkait dengan pengajuan penundaan Pemeriksaan tersangka setelah Lebaran sebagaimana yang dimohonkan Pengacaranya, Reza menyebut, permohonan itu sah-sah saja.

“Kalau tersangka dinyatakan sedang berada diluar kota, dalam rangka apa. Karena kondisi saat ini kan tidak bisa cuti dan mudik,” ujar Reza bertanya.

Menurutnya, jika permohonan itu wajar, penyidik Polres akan mengabulkan pemanggilan sebagai tersangka setelah lebaran. Tetapi kalau tidak wajar dan terindikasi hanya untuk menunda pemeriksaan, Maka penyidik Polres akan kembali melayangkan pemanggilan.

“Kalau tidak wajar kami akan layangkan panggilan kedua lagi, paling lambat satu minggu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Polres Tanjungpinang menetapkan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Tanjungpinang Vinna Saktiani sebagai tersangka dugaan penipuan.

Tersangka Vinna ditetapkan tersangka, atas dugaan sebagai calo penerimaan mahasiswa Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) yang meminta ratusan juta dana pada calon mahasiswa, dengan iming-iming akan diurus masuk IPDN

Atas perbuatannya, Tersangka dijerat dengan pasal 372 KUHP dan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Comments
Loading...