Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Dihantam Hujan Deras, Batu Miring Penahan Stadion Sepak Bola Busung Roboh

Konstruksi bangunan batu miring penahan tanah Stadion Sepak Bola Busung yang roboh itu. (foto: hasura/presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Bintan – Hujan yang mengguyur beberapa waktu lalu mengakibatkan konstruksi batu miring penahan tanah di samping Stadion Sepak Bola Busung roboh.

Tak hanya itu, tanah yang mengisi batu miring pun ikut longsor seiring dengan robohnya konstruksi tersebut.

Kini konstruksi batu miring yang tersisa kondisinya juga sudah retak dan rawan roboh. Sehingga harus segera mendapat perbaikan/rehab, mengingat masa pemeliharaannya juga telah usai.

Beberapa pekerja tampak memperbaiki batu biring dari bahan batu granit tersebut. Mereka sudah melakukannya selama dua pekan.

“Masih proses pengerjaan perbaikannya pak. Ini sudah minggu kami kerjakan,” ujar salah seorang pekerja di lokasi, kemarin.

Bagian kiri stadion ini merupakan tanah timbunan. Maka dibangunlah konstruksi batu miring pada 2 tahun lalu guna menghindari longsor.

”Diduga karena tak mampu menahan tanah timbunan yang tergerus hujan lebat, batu miring itu pun roboh. Mungkin batu miring tidak tahan menahan beratnya timbunan apalagi ditambah air hujan yang lebat. Makanya langsung roboh,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Bintan, Ir H Juni Rianto mengaku batu miring di sisi kiri stadion bola bernama Megat Alang Perkasa ini di kerjakan 2019 lalu.

“Iya batu miringnya roboh,” katanya.

Proses pemeliharaan batu miring tersebut sudah selesai bahkan sudah lewat. Namun Dinas Perkim Bintan meminta bantuan kepada kontraktor untuk melakukan perbaikan dengan suka rela.

“Mereka bersedia melakukan perbaikan, walaupun masa pemeliharaannya sudah habis,” sebutnya.

Sebenarnya kerusakan batu miring ini akan diperbaiki melalui APBD-P 2021. Sebab masuk ke dalam salah satu fasilitas yang terdampak bencana. Karena batu miring itu rusak akibat hujan lebat awal tahun.

“Namun dana itu tidak ada karena direfocusing. Maka dari itu pihaknya meminta bantuan dan kesediaan kontraktor melakukan perbaikan di sana,” demikian Haji Juni sapaan akrabnya.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...