Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ansar Fokuskan Lima Isu Startegis Pembangunan Kepri di RPJMD 2021-2026

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menyerahkan Rencana Awal RPJMD Kepri 2021-2026 ke DPRD Kepri (Foto:Ismail/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad menyampaikan rancangan awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daeran (RPJMD) 2021-2026 dari jabaran visi dan misinya sebagai Gubernur dan Marlin Agustina sebagai wakil Gubernur.

Ranwal RPJMD 2021-2026 provinsi Kepri itu, disampaikan Ansar Ahmad pada sidang paripurna DPRD di ruang rapat utama kantor DPRD Kepri, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Selasa (4/5/2021).

Ansar menyampaikan penyusunan RPJMD merupakan kewajiban pemerintah daerah selama satu periode kepemimpinanya yang menitik beratkan sejumlah issu strategis Pembangunan propvinsi Kepri lima tahun ke depan.

Sebagai rencana awal (Ranwal), RPJMD 2021-2026 provinsi Kepri pihaknya menitik beratkan sektor pembangunan provinsi Kepri kepada empat isu strategis.

“Ke 5 isu strategis pembangunan Kepri di RPJMD itu adalah, Penanganan Pandemi COVID-19, Belum tercapainya akselerasi Pembangunan, Potensi Kemaritiman, dan terbukanya wilayah Kepri sehingga rentan terhadap pudarnya budaya Melayu,” ujarnya.

Tantangan kedepan lanjut Ansar, akan semakin berat, hingga dirinya mengajak semua pihak, agar penyusun RPJMD se-realistis mumgkin dengan mempertimbangkan kelima isu tersebut.

“Diperlukan sumbang saran dari DPRD dalam menyusun RPJMD 2021-2026 ini,” ungkapnya.

Selain itu Ansar juga mengatakan, sesuai dengan aturan periodesasi RPJMD, ditetapkan berdasarkan periode masa jabatan dan bukan pada waktu menjabat. Oleh karena itu, meski waktu menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur hanya sampai 2024, Namun periodesasi RPJMD tetap 5 tahun.

“Mari bersama kita bahu membahu membangun Kepri dengan memanfaatkan dokumen RPJMD menjadi rancangan pembangunan yang sebaik-baiknya,” ajak Ansar.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak mengatakan setelah rancangan awal disampaikan selanjutnya DPRD akan memberikan masukan terhadap RPJMD.

“DPRD akan memberikan masukan terhadap RPJMD tersebut,” demikian Jumaga.

Penulis:Ismail
Editor :Redaksi

Comments
Loading...