Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pelaksanaan Shalat Ied 1442 H di Bintan Lihat Perkembangan Covid-19

Bupati Bintan dan Unsur Terkait saat melakukan Rapat tentang penerapan dan pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Bintan.(Foto: Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah kabupaten Bintan menetapkan dua opsi dalam pelaksanaan Shalat Idul Fitri (Ied) 1442 H. Kedua opsi itu, memperbolehkan sholat Idul Fitri di laksanakan di lapangan terbuka atau shalat dirumah masing-masing.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan perkembangan kasus pandemi Covid-19 dengan pelaksanaan Shalat Ied.

“Kita masih melihat perkembangan situasi terkini, karena saat ini perkembangan kasus pandemi Covid-19 sedang meningkat. Kita memiliki beberapa opsi, apakah digelar di lapangan terbuka dengan prokes yang ketat, atau jika tren masih terus naik berkemungkinan shalat di rumah masing-masing,” katanya di Bintan (5/5/2021).

Di beberapa Kecamatan seperti Kecamatan Bintan Timur dan Kecamatan Bintan Utara telah terjadi kenaikan kasus covid-19. Bahkan juga angka kematian akibat virus tersebut terus bertambah.

Untuk mencegah penyebaran dan memutus mata rantai penularan virus, kata Apri, diminta satgas turun langsung ke rumah ibadah, pasar dan lokasi keramaian terkait pentingnya menjalankan prokes. Kemudian harus ada petugas yang disiapkan dalam penegakan prokes.

“Diharapkan satgas covid-19 tingkat kecamatan, kelurahan dan desa sekiranya dapat berperan aktif kembali terkait penerapan prokes,” jelasnya.

Apri terus diimbau agar lebih disiplin dalam mengikuti anjuran prokes. Khususnya penerapan prokes dalam menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan dan dirumah-rumah ibadah.

Diminta semua pihak dapat melakukan pengecekkan ke seluruh tempat. Pastikan semuanya berjalan lancar dan ketat.

“Pastikan semuanya sesuai prokes.Mulai dari mengatur jarak saf, memeriksa suhu tubuh sebelum masuk ke masjid, membawa sajadah sendiri dan pengurus masjid menyiapkan sarana cuci tangan,” ucapnya.

Penulis: Hasura
Editor. : Redaksi

Comments
Loading...