Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

H-1 Larangan Mudik, Kapal Roro Tanjungpinang-Lingga Diserbu Penumpang

Sejumlah warga menganteri di Pelabuhan ASDP )Roro Dompak Tanjungpinang, Mudik lebih awal sebelum pelarangan Mudik diberlakukan besok Kamis, 6 Me,i 2021. (Foto:Ismail/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Ratusan penumpang kapal Roro tujuan Tanjungpinang-Dabo Singkep Lingga, diserbu ratusan penumpang, satu hari (H-1) larangan mudik yang akan diberlakukan mulai besok, Kamis 6 Mei 2021.

Dari pantauan di pelabuhan ASDP Dompak,ratusan penumpang yang hendak menggunakan kapal Roro KMP.Kundur tujuan Jagoh Dabo Singkep memadati pelabuhan.

Bahkan, antrian kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat juga terlihat hendak masuk ke kapal penyeberangan antar pulau tersebut.

Salah satu penumpang, Febri (27), mengakui alasan dirinya pulang kampung lebih awal karena menghindari pemberlakuan larangan mudik mulai besok hari.

“Karena besok sudah mulai larangan mudik, makanya hari ini terakhir kami mudik duluan,” ungkapnya, Rabu (5/5/2021).

Ia mengatakan, meski adanya kebijakan larangan mudik lebaran, namun dirinya tetap bersikeras berlebaran di kampung halaman. Apalagi, pada tahun lalu masa awal pandemi COVID-19, juga dilarang melakukan mudik.

“Karena tahun lalu sudah tak pulang kampung, tahun ini harus pulang,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau resmi melarang mudik lokal menjelang perayaan hari raya idul fitri 1442 hijriah. Hal tersebut disebabkan melonjaknya kasus COVID-19 di Kepri belakangan terakhir

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, larangan mudik tersebut diperuntukkan bagi seluruh masyarakat, baik antar provinsi maupun kabupaten.

“Selaras denga ¬†kebijakan pusat, kami mempertegas tidak ada mudik,” tegasnya di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (4/5/2021) kemarin.

Ia mengatakan, larangan mudik tersebut akan dimulai pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Untuk memperketat pengawasannya, Pemprov Kepri akan menempatkan satgas di pelabuhan-pelabuhan untuk mencegah masyarakat yang akan mudik.

“Nanti satgas di pelabuhan akan ditempatkan, untuk mengawasi. Karena secara nasional tidak ada mudik lebaran sampai tanggal 17 (Mei),” pungkasnya.

Penulis:Ismail
Editor :Ogawa

Comments
Loading...