Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ditanya Jaksa Tindak Lanjut Progres Penyerahan Aset, Tim Aset Pemkab Bintan Sebut SK Tim Hilang

Pertemuan Tim Aset Pemko Tanjungpinang dan Pemerintah Kabupaten Bintan dalam proses penyerahan aset Pemkab Bintan ke Pemko Tanjungpinang

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang, mempertanyakan tindak lanjut penyerahan 16 aset tanah Pemerintah kota Tanjungpinang ke Pemerintah kabupaten Bintan.

Sebagaimana diketahui, sejumlah bangunan eks-Pemerintah Kabupaten Bintan di Tanjungpinang, hingga saat ini belum diserahkan pemerintah kabupaten Bintan kendati sudah berlangsung lama.

Sejumlah aset pemkab bintan yang belum diserahkan ke Pemerintah kota Tanjungpinang itu, seperti Gedung dan Bangunan Pemerintah peninggal pemerintah kabupaten Bintan di Tanjungpinang beserta Aset dan bangunan BUMD yang hingga saat ini masih dikuasai pemerintah kabupaten Bintan.

“Kami mempertanyakan, kenapa sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Bintan belum juga menyerahkan, karena sampai saat ini belum ada progres perkembangan yang signifikan dari Pemkab Bintan ke Pemko Tanjungpinang,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang Joko Yuono usai melaksanakan rapat bersama dengan Pemko dan Pemkab Bintan di Aula Kejari Tanjungpinang, Rabu (5/5/2021).

Yuono juga mengaku, juga tidak tahu kenapa bisa seperti itu, karena menurutnya penyerahan sejumlah aset itu bertujuan untuk kebaikan bersama.

Dari pengakuan tim aset pemerintah kabupaten Bintan lanjutnya, sampai saat SK pembentukan Tim aset di Pemkab Bintan sampai saat ini belum selesai.

“Pertemuan tahap ke 3 ini, artinya sudah ada acuannya. Dari kota Tanjungpinang juga sepakat akan menyerahkan Sungai Nyirih ke Pemkab Bintan, saya pikir ini tidak perlu berlama lama,” tegasnya.

Karena menurutnya, sebelumnya juga sudah ada kesepakatan antara Pemkab Bintan dan Pemko Tanjungpinang dan ditindaklanjuti dengan pertemuan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, pada 1 April 2021 lalu.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Aset BPKAD Bintan, Sugito mengatakan, terkait penyerahan aset, bahwa SK tim penyerahan aset ini merupakan amanah Kemendagri dengan pembentukan tim penyerahan.

“Terkait hal itu, Kami telah mengajukannya dan dikeluarkan. Namun karena tercecer, hingga SK itu hilang,” Sugito yang saat itu mewakili Pemerintah kabupaten Bintan.

Saat ini lanjut Sugito, pihaknya sedang menyusun kembali SK Tim untuk diajukan ke Bupati, sekaligus penambahan beberapa item aset Pemerintah Pemkab Bintan di kota Tanjungpinang yang akan diserahkan ke Pemko Tanjungpinang ke depannya.

“Sejumlah aset lainya itu berjumlah 38 bangunan di 16 aset yang telah diidentifikasi sebelumnya,” ujar Sugito.

Mudah-mudahan seminggu ini baru, SK Tim yang baru akan terbit. Karena sesuai dengan administrasi harus ada penomoran dan penandatanganan dari Sekretariat dan Bupati Bintan.

Selain itu lanjutnya, pihaknya juga sedang menunggu diterbitkanya SK hibah penyerahan aset, yang diperkirakan paling lambat akan diterbitkan dalam waktu dekat ini.

“Artinya, tidak ada niat kami untuk memperlambat proses penyerahan aset,” terangnya,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, Rahma menyampaikan telah mempersiapkan seluruh berkas penerimaan aset-aset dari Pemkab Bintan.

“Kami sudah siap kapan saja menerimanya,” kata Rahma.

Lebih lanjut, Rahma menjelaskan telah melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan, Sekda Adi Prihantara membahas batas-batas wilayah antara kedua daerah.

“Termasuk juga Sungai Nyirih dan tinggal menunggu diterbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri),” ujarnya.

Berikut 16 Aset Menurut Kejaksaan yang dikuasai oleh Kabupaten Bintan:
1.Tanah dan Bangunan Eks kantor Bupati Kepri.
2.Tanah dan Bangunan Bappeda Bintan
3.Tanah dan Bangunan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bintan
4.Tanah dan Bangunan Kesbang Pol Kabupaten Kepri
5.Tanah dan Bangunan eks Gudang Farmasi Kepri
6.Tanah dan Bangunan Eks Kantor Ketenagakerjaan Kabupaten Bintan
7.Tanah dan Banguna Pemuda Dan Olahraga
8.Tanah dan Bangunan Kantor Perhubungan Kabupaten Bintan
9.Tanah dan Bangunan Dinas pariwisata Kabupaten Bintan
10.Tanah samping kantor Bappeda Bintan
11.Lapangan golf
12.Tanah dan Bangunan Rumah Dinas Eks Depsos
13.Tanah dn Banguban Eks Kantor Departemen sosial Kabupaten Kepri
14.Gudang Farmasi
15.Tanah dan Bangunan Gedung Akper
16.Gudang Farmasi.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Comments
Loading...