Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Balik Dari Kalimantan, Warga Tambelan Ini Positif Covid-19

Ketua Harian Gugus Satgas Penanggulangan Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni. (foto: dokumentasi/presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Bintan – Seorang Warga lanjut Usia (Lansia) di Kecamatan Tambelan, dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19, Rabu (5/5/2021) setelah baru pulang dari Kalimantan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni, mengatakan wanita lansia itu berdomisili di Desa Kukup RW 01, Kecamatan Tambelan. Dia diduga kuat tertular dari orang lain saat melakukan perjalanan dari Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

“Wanita itu berinisial Amr. Usianya 71 dan memiliki riwayat perjalanan dari Pontianak, Kalimantan,” ujar Gama, Kamis (6/5/2021).

Ketika pulang dari Kalimantan, kata Gama, lansia tersebut mengalami sakit dengan gejala demam dan batuk. Lantas memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Tambelan dan disana diambil swab untuk dites melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

Hasil PCR dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam menyatakan wanita lansia itu positif covid-19. Sehingga harus menjalani isolasi guna penyembuhan.

“Kini lansia tersebut telah menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya,” jelasnya.

Pada hari yang sama juga ada 3 warga Bintan yang terkonfirmasi positif covid-19. Mereka adalah MFB (16) seorang pria asal Desa Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya. Lalu YP (9) seorang wanita asal Komplek TNI AL Tanjung Uban Kecamatan Bintan Utara dan SUP (45) juga seorang wanita asal Komplek TNI AL Tanjung Uban Kecamatan Bintan Utara.

Untuk MFB tidak mengalami gejala namun menjalani isolasi di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri. Kemudian YP dan SUP sama-sama bergejala dan juga diisolasi di ruangan yang sama di RSAL Dr Midiyato Suratani Tanjungpinang.

“Ditambah mereka jumlah pasien positif covid-19 di Kabupaten Bintan sudah mencapai 1005 orang. Sebanyak 843 orang berhasil sembuh dan 27 orang meninggal dunia. Sehingga tersisa kasus aktif 135 orang,” katanya.

Penulis:Hasura
Editor :Redaksi

Comments
Loading...