Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Dikunjungi Gubernur, Kepala RSKI Covid-19 Galang Keluhkan Minimnya Dokter Spesialis

*RSKI hebat dipandang di luar, namun sangat minim daya dukung.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad bersama rombongan dalam kunjungan resminya ke RSKI Covid-19 Pulau Galang Batam, Kamis 6 Mei 2021. (Foto: Istimewa/Humpro Hub Kepri).

PRESMEDIA.ID, Batam – Kepala Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 Pulau Galang Batam, Kolonel Ckm Dr dr Khairul Ihsan Nasution SpBS mengeluhkan kurangnya dokter spesialis pada rumah sakit yang dipimpinnya.

Keluahan tersebut, ditumpahkannya pada Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan rombongan, bersempena kunjungan resminya ke rumah sakit tersebut, Kamis (6/5/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Khairul Ihsan juga memaparkan persoalan yang dihadapi RSKI Pulau Galang dalam melakukan perawatan pasien Covid 19 ke Gubernur.

Diantaranya, persoalan ruang ICU sebanyak 20 tempat tidur, hingga kini tidak didukung dokter spesialis.

“Pak Gubernur ingin saya laporkan bahwa kami kekurangan dokter spesialis yang khusus membantu menangani pasien Covid 19. Kami sangat membutuhkan dokter spesialis paru, spesialis THT dan anastesis,” kata Khairul.

Khairul mengaku sudah melakukan berbagai upaya, termasuk meminta bantuan Pemko Batam. Namun upayanya belum mendapatkan respon yang positif.

“RSKI ini hebat dipandang di luar. Tapi sebenarnya di dalam masih sangat minim daya dukung. Mohon agar kami dibantu Pak Gubernur,” harapnya.

Tak luput, Khairul Ihsan, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Gubernur Kepri dan rombongan ke RSKI Pulau Galang.

“Terima kasih Pak Gubernur atas kunjungannya. Semoga makin meningkatkan motivasi kami dalam bekerja di RSKI ini,” kata Kepala RSKI Khairul Ihsan dalam kata sambutannya.

Dijelaskan Khairul, RSKI Pulau Galang pernah ditinjau Presiden RI Joko Widodo pada 1 April 2020. Dalam kunjungan tersebut Presiden berharap agar RSKI secepatnya diselesaikan dan diresmikan.

“Karena itu pada 6 April 2020 RSKI diresmikan penggunaannya oleh Pangkogabwilhan I yang saat itu dijabat oleh Laksamana Madya TNI Yudo Margono,” jelasnya.

Masih menurut Khairul Ihsan, luas lahan keseluruhan RSKI di Pulau Galang mencapai 80 hektar yang diperkuat oleh kekuatan 247 tenaga medis yang terdiri dari relawan, TNI, Polri dan tenaga dokter.

Sampai saat ini RSKI sudah melakukan perawatan sebanyak 13.235 orang. Sementara yang dirawat saat ini mencapai 327 orang sesuai kapasitas kamar yang ada.

Sementara itu Gubernur Ansar Ahmad menanggapi serius hal tersebut. Gubernur sangat appreciated terhadap kerja Kepala RSKI Pulau Galang dan jajarannya.

Meski berbagai kesulitan dihadapi namun RSKI tetap mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

“Saya mengapresiasi kerja Pak Khairul Ihsan, para relawan dan seluruh jajaran di RSKI Pulau Galang. Persoalan Covid adalah persoalan negara karena itu apapun persoalan RSKI dalam pelayanan pasien Covid, negara harus hadir,” tanggap Ansar.

Gubernur Ansar menegaskan, apa-apa yang dibutuhkan RSKI Pulau Galang, sebisanya akan diakomodir untuk dibantu melalui koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait.

Menurut Gubernur, harus ada langkah yang serius dan bersama untuk menanggulangi persoalan Covid 19 di Kepulauan Riau.

Gubernur menilai, persoalan Covid 19 di Kepri hari ini, akar persoalan tidak hanya datang dari warga Kepri sendiri. Tetapi juga dari pihak luar, terutama dari pekerja migran Indonesia (PMI) yang masuk melalui Batam.

“Diperlukan keseriusan kita bersama untuk menanggulangi masalah Covid 19 ini. Yakinlah setiap usaha yang diniati dan dilakukan dengan baik, insyaallah akan menghasilkan yang baik juga,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Ansar Ahmad juga menyerahkan bantuan 15.000 masker ke RSKI Pulau Galang serta melakukan peninjauan ke beberapa ruang medis dan asrama para relawan dan tenaga kesehatan.

Penulis: Redaksi
Editor: Ogawa

Comments
Loading...