Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Gubernur Kepri: Boleh Shalat Ied Berjamaah Namun Wajib Taati Prokes

Gubernur kepulauan Riau H Ansar Ahmad. (Foto: Dokumentasi/Presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menegaskan, Provinsi Kepulauan Riau memperbolehkan pelaksanaan ibadah shalat ied berjamaah pada perayaan hari raya idul fitri 1442 Hijriah di seluruh Kepri.

“Namun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Selasa (11/5/2021).

Ia mengungkapkan, sesuai dengan arahan Menteri Agama meski angka kasus COVID-19 cenderung fluktuatif, namun untuk ibadah shalat ied tetap diperbolehkan.

‘’Namun, dalam pelaksanaannya akan dibatasi, serta dianjurkan untuk melaksanakannya di lapangan. Seperti jamaah di masjid dibatasi 50 persen. Makanya masing-masing pengurus masjid kita harapkan dapat mematuhinya,” ucapnya.

Selain itu, dikatakan Ansar, dirinya akan melaksanakan shalat ied berjamaah bersama masyarakat Natuna. Pelaksanaanya dilakukan di pelataran Pantai Piwang, Kabupaten Natuna.

Dirinya berharap, seluruh masyarakat Kepri dapat membatasi kegiatannya dalam perayaan lebaran tahun ini. Hal itu dilakukan demi mencegah penularan COVID-19.

“Mari sama-sama kita batasi dahulu perayaan lebaran tahun ini. Mengantisipasi penyebaran COVID-19 yang lebih besar,” tutur Ansar.

Untuk diketahui, berdasarkan Satgas COVID-19 per 10 Mei 2021 kasus corona mengalami penambahan sebanyak 110 orang. Sehingga, secara kumulatif total kasus COVID-19 sebanyak 12.541 orang, sembuh 10.614 orang, dan meninggal dunia 279 orang.

Dengan demikian, kasus yang masih aktif dan menjalani perawatan dan karantina mandiri sebanyak 1.648 orang.

Penulis: Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...