Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sebanyak 2.338 WBP di Kepri Terima Remisi Idul Fitri, 4 Napi Langsung Bebas

*Kanwil Hukum dan HAM Kepri Serahkan Remisi Idul Fitri ke WBP di Lapas Narkotika  

Kanwil hukum dan HAM Kepri menyerahkan Resmisi Idul Fitri pada Warga Binaan beragama Islam di Lapas Narkotika Tanjungpinang (Foto:Roland/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Sebanyak 2.338 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau Narapidana di Kepri, mendapatkan remisi Khusus Idul Fitri 1442 Hijriah. Sebanyak 4 orang diantara dinyatakan bebas pada Lebaran 2021 ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepri Husni Thamrin, melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau, Dwinastiti Handayani, mengatakan dari 2.338 orang Napi mendapatkan remisi Idul Fitri, 2.334 orang menerima Remisi Khusus (RK-1) yaitu pengurangan tahanan, sementara 4 orang lainya menerima Remisi Khusus (RK) II yaitu langsung bebas.

Ia menyampaikan remisi khusus Idul Fitri itu diberikan kepada narapidana dan anak Bianaan yang beragama Islam. Pemberiaan remisi dilakukan sesuai dengan persyaratan administratif dan substantif.

“Syarat pemberian remisi, Setiap Napi atau WBP harus berkelakuan baik atau tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), menjalani pidana minimal 6 enam bulan dan 3 tiga bulan bagi Anak, serta aktif mengikuti program pembinaan di Lapas/LPKA dan  Rutan,” ujarnya Dwi usai menyerahan remisi secara simbolis di Lapas Narkotika Tanjungpinang, Kamis (13/4/2021).

Sedangkan narapidana yang termasuk dalam kategori PP Nomor 28/2006 dan PP Nomor 99/2012 atau Napi korupsi, terorisme, narkotika, kejahatan terhadap keamanan negara, kejahatan HAM berat serta kejahatan transnasional terorganisasi, untuk mendapat remisi harus memenuhi syarat khusus tambahan.

Syarat khusus tambahan itu, seperti harus mempunyai JC baru mendapatkan remisi tahun pertama setelah lewat 6 bulan, sedangkan kalau tidak ada JC, hanya surat pengantar atau permohonannya saja, harus menjalani 1/3 dari masa pidananya.

“Yang jelas ketika tadi sudah sama-sama menyaksikan, setelah sholat ied secara simbolis kepada napi. Yang bebas  pada hari ini juga akan di bebaskan dari lapas mereka dan bisa berkumpul dengan keluarga,” paparnya

Berikut Daftar Usulkan Napi di Kepri Menerima Remisi Idul Fitri 2021
1.Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Tanjungpinang  265 orang.
2.Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Batam  714 orang, bebas 2 orang
3.Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Tanjungpinang  526 orang.
4.Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Batam 23 orang.
5.Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIB Batam 118 orang.
6.Lapas Klas III Dabo Singkep  29 orang
7.Rumah Tahanan Negara Klas I Tanjungpinang 103 orang.
8.Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Batam 331 orang, bebas 2
9.Rumah Tahanan Negara Klas IIB Tanjung Balai Karimun 221 orang.

Penulis:Roland
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...