Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Positif Covid-19 Kepri Terus Bertambah, Pemerintah Imbau Masyarakat Waspada Klaster Lebaran

Kepala Dinkes Provinsi Kepulauan Riau, Muhammad Bisri. (Foto: Dokumentasi/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Kasus positif Covid-19 di Kepri hingga saat ini terus bertambah, dengan kasus aktif yang dirawat dan dikarantina berjumlah 1.557 orang.

Pemerintah Provinsi Kepri, terus menghimbau masyarakat agar waspada dan tidak melakukan kerumunan untuk menghindari penyebaran.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau, Mohammad Bisri mengimbau, seluruh masyarakat agar mewaspadai adanya klaster baru Covid-19 pasca perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pasalnya, kendati pemerintah daerah sudah menerbitkan aturan pembatasan kegiatan selama libur lebaran, Namun aktivitas berkumpul dan berkerumun saat euforia lebaran hingga saat ini masih saja terjadi di masyarakat.

Menurutnya, melihat kondisi dan kesadaran masyarakat yang mulai kendur dalam menerapkan protokol kesehatan saat ini, bukan tidak mungkin akan ditemukan klaster lebaran.

“Maka dari itu, kita minta masyarakat tetap mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan pemerintah, serta mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya, Sabtu (15/5/2021).

Ia mengatakan, meski grafik kasus COVID-19 beberapa belakangan hari belakangan cukup melandai, namun potensi kenaikan tersebut sangat besar terjadi. Terlebih, di daerah-daerah yang trend kenaikannya baru terjadi belakangan terakhir. Seperti, di Kabupaten Lingga, Anambas, dan Natuna.

“Memang ketiga daerah ini Grafik-nya baru melonjak, karena yang awalnya kasusnya sedikit, maka prokes nya juga kendur,” katanya.

Oleh karena itu, Bisri berharap seluruh masyarakat Kepri senantiasa mewaspadai penularan COVID-19. Karena, ancaman COVID-19 di Kepri masih sangat berpotensi meningkat jika masyarakat masih abai dalam menerapkan  protokol kesehatan.

“Maka kami imbau kita harus saling menjaga, tetap pakai masker dan senantiasa menaati imbauan pemerintah. Karena, ancaman COVID-19 masing sangat nyata dan berbahaya,” demikian Bisri.

Sementara itu, memasuki hari ke-2 perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah, jumlah positif Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau sebelumnya bertambah sebanyak 94 kasus pada Jumat, (14/5/2021).

Dengan penambahan ini, total kasus corona Kepri saat ini mencapai 13.004 orang, dengan kasus aktif yang dirawat dan dikarantina berjumlah 1.557 orang. Sedangkan yang sembuh sebanyak 11.153 orang dan meninggal dunia 294 orang.

Lebaran Kedua, Positif Covid-19 Tanjungpinang Tambah 24 Kasus  

Di kota Tanjungpinang, penambahan Kasus pada lebaran kedua juga mengalami penambahan 24 Kasus

Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Nugrah Heni Purwaningsih mengatakan, dengan penambahan 24 kasus itu, total jumlah aktif pasien Positif Covid-19 yang dirawat dan dikarantina saat ini di Tanjungpinang sebanyak 373 kasus.

Ke sejumlah pasien tersebut saat ini diantaranya di rawat di Rumah Sakit 50 kasus, Karantina Di LPMP 25 kasus, isolasi mandiri 280 kasus di RSKL Galang Batam 18 Kasus.

Dari penambahan itu, saat ini jumlah total terkonfirmasi Positif Covid hingga saat ini di Tanjungpinang berjumlah 2.629 kasus.

Sementara angka kumulatif yang meninggal karena Covid-19 berdasarkan pemeriksaan Swab PCR sebanyak 59 kasus atau bertambah 1 kasus.

“Untuk klaster baru sampai saat ini saya belum mendapat laporan,” singkat Nugrah.

Penulis:Ismail/Roland
Editor :Redaksi 

Comments
Loading...