Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Arus Balik Lebaran Mulai Ramai di Pelabuhan SBP Tanjungpinang

Arus balik dan berangkat di Pelabuhan SBP Tanjungpinang paska Lebaran mulai terpantau Ramai, Senin (17/5/2021)  (Foto;Roalnd/Presmedia.id) .

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Arus balik lebaran di Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang mulai terpantau ramai pada Senin (17/5/2021).

Ratusan penumpang Kapal Ferry tujuan Batam dan Karimun, terlihat mulai memadati pelabuhan Domestik Tanjungpinang itu.

Selain penumpang yang berangkat, ratusan penumpang dari Batam dan pulau lainya, juga mulai berdatangan pasca libur lebaran dan mulai aktifnya jadwal masuk kerja ASN dan Kantor di kota Tanjungpinang.

Petugas Keselamatan Pelayaran Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang Marta Wilaya mengatakan, lima hari setelah lebaran, jumlah penumpang yang berangkat dan tiba di Pelabuhan Tanjungpinang mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

“Arus balik dan berangkat hari ini memang terjadi peningkatan 20 persen dibandingkan hari sebelumnya,”kata Marta, Senin (17/5/2021).

Hal itu lanjutnya, dibarengi dengan selesainya cuti dan libur Lebaran dan mulainya masuk hari kerja pada Senin (17/5/2021) ini.

Untuk armada kapal laut lanjut Marta,jadwal keberangkatan kapal dari Tanjungpinang ke Batam sejak larangan mudik kemarin ditetapkan hanya 3 jam sekali.Namun hal itu, juga tergantu dari ramainya penumpang.

“Untuk kapal pertama tujuan Batam, tadi berangkat pukul 09.00 WIB dari Tanjungpinang dengan jumlah penumpang 82 orang, Kemudian kapal kedua pukul 12.30 WIB dengan penumpang sebanyak 107 orang,”paparnya.

Keberangkatan Kapal lanjutnya, hingga saat ini dijadwalkan hanya 4 trip, diantaranya 3 kapal tujuan Tanjungpinang-Batam dan satu kapal tujuan Tanjungpinang -Tanjungbalai Karimun.

Untuk keberangkatan lanjutnya, disesuaikan dengan penerapan Protokoler kesehatan, karena pemberlakukan GeNose dan pemeriksaan surat keterangan tujuan dan keperluan keberangkatan hingga saat ini masih tetap diberlakukan,” sebutnya.

“Untuk penumpangnya yang berangkat protokol kesehatan dan pengetatan masih tetap diberlakukan,” jelasnya.

Sementara itu berdasarkan data yang diperoleh di Pos Pengendalian Transportasi Laut Idul Fitri 1442 Hijriah di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang, sejak lebaran pertama, jumlah armada kapal yang berlayar dari Pelabuhan SBP Tanjungpinang sebanyak 4 kapal dan yang tiba 4 kapal.

Sedangkan jumlah penumpang yang tiba melalui SBP Tanjungpinang pada hari ke 4 setelah Lebaran sebanyak 338 orang dan yang berangkat sebanyak 518 orang dengan total jumlah penumpang 856 orang.

Penulis:Roland
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...