Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
DPRD Lingga

Tekan Penyebaran Covid-19 di Kecamatan Lingga, Camat Lingga Gelar Rakor Bersama Kades dan Lurah

Suasana rakor yang diikuti stakeholder terkait di Kecamatan Lingga membahas perkembangan COVID-19. (Foto: Istimewa/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Camat Lingga Yulius SKM, menggelar rapat koordinasi bersama kepala desa (kades) dan lurah se Kecamatan Lingga berlangsung di Aula Kantor Camat Lingga, Selasa (18/5/2021).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Camat Lingga Yulius bersama Kapolsek Daik, Danramil Daik, Satpol PP Kabupaten Lingga, Puskesmas Daik, Kasi Kecamatan Lingga, Kepala Desa /BPD Kecamatan Lingga itu ditujukan untuk menekan penyebaran wabah Covid-19 di Kecamatan Lingga.

”Data terkini, jumlah kasus aktif COVID-19 di Lingga tercatat 138 pasien,” kata Camat Lingga Yulius seusai rakor kepada wartawan.

Dalam rakor Yulius menegaskan kepada para pejabat kepala desa (kades) dan lurah untuk lebih mengoptimalkan Satgas Covid Desa/ Kelurahan.

Camat juga menginstruksikan untuk menutup sementara tempat wisata seperti Pantai Pasir Panjang, Pantai Moyang, Lubuk Papan, Lubuk Muncung, Pemandian Mading dan lainnya.

”Pelaksanaan ibadah di tempat ibadah wajib menggunakan masker dan harus sesuai prokes 3M. Yakni menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan,” imbau Camat.

Camat juga meminta untuk meniadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Seperti prosesi akad nikah yang dibatasi 50 persen tamu dari tempat yang disediakan dan meniadakan atau menunda Resepsi/Pesta/acara pernikahan hingga kondisi normal.

Selanjutnya, bagi pelaku usaha (warung makan/minum) hanya menyediakan 2 kursi untuk 1 meja dengan pembatasan jam operasi hingga pukul 22.00 WIB. Pengawasan di Area Pusat Perbelanjaan/ Pasar dan akan dilakukan pembubaran/ penertiban pada tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Daik berharap ada tempat isolasi khusus untuk orang yang terpapar Covid-19 dan pemberian sembako kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

Tiap Desa/Kelurahan itu harus mempunyai Posko PPKM dan sebaiknya menggunakan portal untuk tiap pintu masuk (mengisi buku tamu dan pengecekan suhu tubuh) serta pemantauan extra di titik rawan penyebaran Covid-19 di tiap Desa/ Kelurahan bersama Babinsa setempat.

Selain itu, Satpol PP juga akan terus melaksanakan operasi yustisi di wilayah Kecamatan Lingga dan pemberlakuan jam malam.

”Apabila ditemukan pelanggaran Prokes maka Satpol PP akan melakukan teguran, dan jika tidak diindahkan maka TNI/ Polri akan melakukan tindakan sesuai aturan yang berlaku,” ujar Kapolsek Daik.

Penulis: Aulia
Editor: Ogawa

Comments
Loading...