Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemprov Kepri Tekankan Kabupaten/Kota Memiliki Alat Tes PCR

Sekda Provinsi Kepulauan Riau. TS Arif Fadillah. (foto: dokumentasi/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota memiliki alat tes polymerase chain reaction (PCR) dalam mempercepat proses pengujian sampel Swab, menyusul semakin meningkatnya kasus COVID-19 di seluruh kabupaten/kota se-Kepri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, mengakui hingga saat ini masih ada beberapa daerah yang belum memiliki alat tes PCR tersebut. Sehingga, untuk mendeteksinya masih harus mengandalkan laboratorium BTKLPP Batam. Hal tersebut tentu saja tidak efektif, mengingat antrian sampel di BTKLPP Batam yang cukup panjang.

“Makanya, kita dorong semua kabupaten kota ada alat Tes PCR sendiri , agar pemeriksaan COVID-19 di masyarakat dapat cepat dilakukan sehingga proses tracing juga dapat lebih cepat dilakukan,” ungkapnya, Senin (24/5/2021).

Setakat ini, lanjut Arif, hanya Kabupaten Lingga dan Karimun yang belum memiliki alat tes PCR. Padahal, dilihat dari grafik COVID-19 kedua daerah ini merupakan daerah yang angka penambahan kasusnya cukup signifikan.

“Tapi untuk Lingga alatnya sudah di pesan dan akan ada dalam waktu dua Minggu ini, tinggal kabupaten Karimun saja yang kita minta untuk segera menyediakannya,” tegas Arif.

Untuk diketahui, kasus COVID-19 di Provinsi Kepulauan Riau terus menerus bertambah. Berdasarkan data Satgas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kepri, per tanggal 23 Mei 2021 ada penambahan sebanyak 215 kasus dalam sehari. Sehingga secara kumulatif jumlah kasus COVID-19 yang aktif hingga saat ini tembus 2.016 kasus.

Dengan rincian kasus aktif Kota Batam sebanyak 681 kasus, Tanjungpinang 407, Karimun 285, Anambas 254, Natuna 147, Lingga 124, dan Bintan 118 kasus aktif. Sementara untuk kasus meninggal dunia hingga saat ini sebanyak 319 orang.

Penulis:Ismail
Editor :Redaksi

Comments
Loading...