Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Alat PCR RSUP RAT Rusak, Upaya Deteksi Dini Gunakan Rapid Antigen

*Uji sampel Covid-19 terpaksa harus dilakukan ke BTKLPP Batam.

Rumah Sakit Provinsi Kepri Raja Ahmad Thabib (RSUP-RAT) Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Alat tes polymerase chain reaction (PCR) di Rumah Sakit Umum Provinsi Raja Ahmad Tabib (RSUP-RAT) Tanjungpinang diketahui mengalami kerusakan. Alhasil, seluruh pemeriksaan sampel pasien harus dilarikan ke BTKLPP Batam.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Mohammad Bisri, Selasa (25/5). Bisri menjelaskan, saat ini alat uji sampel swab untuk mendeteksi virus COVID-19 di RSUP RAT sedang dalam proses perbaikan.

Namun demikian, sebut Bisri, pihaknya belum mengetahui secara pasti kapan alat PCR tersebut kembali normal.

“Kita belum tahu, masih menunggu teknisi dari Jakarta. Jadi saat ini, belum dapat menerima pemeriksaan sampel COVID-19 dengan metode PCR sampai waktu yang tidak ditentukan,” ungkap BIsri, Selasa (25/5/2021).

Kendati demikian, lanjut Bisri, saat ini pihaknya terpaksa menggunakan metode rapid antigen sebagai upaya melakukan skrining atau mendeteksi dini virus COVID-19 terhadap pasien.

Sehingga, bagi pasien yang terkonfirmasi reaktif melalui tes cepat ini, bisa dilakukan tindakan seperti isolasi mandiri jika tak bergejala, dan perawatan jika menunjukkan gejala tertentu.

“Sementara kita lakukan skrining menggunakan rapid antigen dahulu. Hasil Swab PCR untuk sebagai konfirmasinya,” ungkapnya, Selasa (25/5/2021).

Bisri menjelaskan, jika menunggu hasil PCR dari BTKLPP Batam akan membutuhkan waktu lama karena terjadinya antrian.

“Maka, untuk sementara kita gunakan antigen ini, supaya bisa diambil tindakan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19,” demikian Bisri.

Penulis: Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...