Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Hari Raya Waisak, 77 Napi Beragama Budha di Kepri Dapat Remisi

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Dabo Singkep Dewanto saat memberi Remisi kepada napi (Foto: Dok-Presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 77  Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) narapidana, Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Provinsi Kepulauan mendapat remisi khusus Waisak tahun 2021.

Kepala Bidang (Kabid ) Divisi Pemasyarakatan Teguh, menyebutkan pemberian remisi merupakan wujud negara hadir dengan memberikan reward atau penghargaan atas segala tindakan positif narapidana dan anak yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

“Jumlah napi yang mendapat remisi khusus (RK1) Waisak 2021 seluruhnya 77 orang,” kata Teguh saat dikonfirmasi PRESMEDIA.ID.

Ia menyampaikan, remisi khusus Waisak  itu diberikan kepada narapidana yang  beragama Budha yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif.

Syarat pemberian remisi, Setiap Napi atau WBP harus berkelakuan baik atau tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), menjalani pidana minimal 6 enam bulan, serta aktif mengikuti program pembinaan di Lapas/LPKA/Rutan.

Sedangkan narapidana yang termasuk dalam kategori PP Nomor 28/2006 dan PP Nomor 99/2012 atau Napi korupsi, terorisme, narkotika, kejahatan terhadap keamanan negara, kejahatan HAM berat serta kejahatan transnasional terorganisasi, untuk mendapat remisi harus memenuhi syarat khusus tambahan.

Syarat khusus tambahan itu, seperti harus mempunyai JC baru mendapatkan remisi tahun pertama setelah lewat 6 bulan, sedangkan kalau tidak ada JC, hanya surat pengantar atau permohonannya saja, harus menjalani 1/3 dari masa pidananya.

Lebih lanjut, Teguh mengatakan pengusulan pemberian remisi khusus Waisak ini telah mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 dan Perubahannya Tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP.

Teguh menyampaikan selain itu berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) RI Nomor 18 Tahun 2019 dan Perubahannya Tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat.

Selain itu, juga mengacu pada Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS.PK.01.05.05-317 tanggal 29 Maret 2021. Perihal Pelaksanaan Pemberian Remisi Khusus waisak  Tahun 2021 kepada Narapidana.

Berikut Daftar Napi di Kepri Yang Menerima Remisi Waisak  2021:
1. Lembaga Pemasyarakatan m Kelas II A Tanjungpinang 9 orang
2. Rumah Tahanan Kelas II B TBK 5 orang
3. Lembaga Pemasyarakatan  Kelas II A Batam 34 orang
4. Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Narkotika 18 orang
5. Lembaga Pemasyarakatan  Perempuan Kelas  II B Batam 5 orang
6. Rumah Tahanan  Kelas I Tanjungpinang 5 orang
7.  Rumah Tahanan Kelas II A Batam 1  orang

Penulis:Roland
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...