Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Disdik Kepri Kembalikan Rp 33 Juta, Kelebihan Bayar dana DAK-BOS Kepri 2020

Kepala dinas Pendidikan Provinsi Kepri M.Dali

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepulauan Riau mengembalikan Rp.33 juta dana kelebihan bayar proyek kegiatan non fisik DAK-APBN.

Pengembalian kelebihan bayar kegiatan proyek 2020 itu, dilakukan berdasarkan rekomendasi LHP-BPK atas LKPD-APBD 2020 Provinsi Kepri.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri Muhammad Dali, mengatakan, pengembalian dana tersebut, dilakukan sejumlah kepala sekolah yang menggunakan dana DAK-BOS dari APBN.

“Alhamdulillah saat ini sudah dikembalikan 100 persen. Jumlahnya sekitar Rp 33 juta,” ungkapnya saat dihubungi PRESMEDIA.ID,Rabu (26/5/2021).

Ia menjelaskan, temuan BPK RI itu, mengenai kelebihan bayar atas kekurangan volume pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan sejumlah kepala sekolah SMA dan SMK atas penggunaan dana BOS di Kepri.

“Kelebihan bayar penggunaan dana kegiatan itu berada di Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sejumlah SMA dan SMK di Kepri,” ujarnya.
Selain itu, sebutnya, penggunaan anggarannya pun bukan berasal dari pagu anggaran Disdik Kepri, melainkan dari DAK-APBN yang ditransfer langsung ke pihak sekolah.

“Sumbernya langsung dari DAK-APN non fisik, anggarannya pun langsung ke sekolah. Disdik hanya sebagai pengawasan saja,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) atas penggunaan APBD 2020 provinsi Kepri.

Kendati dinyatakan WTP, BPK juga memberikan sejumlah rekomendasi atas kesalahan administrasi, Kelebihan bayar, pada sejumlah kegiatan APBD di PUPR, Dinas Pendidikan, BP2RD, PT.Pelabuhan Kepri atas operasional Mv.Lintas Kepri serta pengawasan internal Pemerintah di Inspektorat Provinsi Kepri, demikian juga persoalan  pendataan aset tetap pada Pemprov Kepri yang belum tuntas.

Berdasarkan dari temuan tersebut, BPK RI merekomendasikan kepada Gubernur segera menyelesaikan dan menyetorkan sejumlah dana kelebihan bayar di Dinas pendidikan, PUPR Kepri, termasuk dividen perolehan dana dari pengelolaan MV Lintas Kepri ke kas daerah.

Penulis:Ismail
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...