Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kapal Tanker MT.Seaborne Mati Mesin di Perairan Berakit Bintan

*KPLP Tanjung Uban Lakukan Pengamanan

Anggota tim KPLP di KN Rantos P-210 melakukan pengamatan dan pengamanan Kapal tanker MT.Seaborne Petro yang mengalami mati mesin di perairan Berakit-Bintan

PRESMEDIA.ID, Bintan – Sebuah Kapal Tanker MT.Seaborne Petro berbendera Indonesia,  mengalami mati mesin ketika dierairan Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Rabu (26/5/2021) sore.

Kapal dengan muatan minyak yang dinahkodai Capt.Jovike F Tumbuwun dengan 30 ABK itu, sebelumnya bertolak dari pelabuhan Belawan menuju Pelabuhan Arjuna Cirebon Jawa Barat.

Namun ketika melintas di laut lepas Bintan, Kapal mengalami mati mesin hingga terpaksa lego jangkar di lokasi untuk melakukan perbaikan.

Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban, Capt.Handry Sulfian, mengatakan atas kejadian itu, setelah mendapat laporan, pihaknya melakukan pertolongan dan pengamanan kapal dan muatanya ditengah laut.

“Saat ini pengamanan alur dan pelayaran melalui KN.Rantos P-210 di lokasi maish terus dilakukan,” ujar Handry, Kamis (27/5/2021).

Dari keterangan yang diperoleh dari Kapten kapal, sebelumnya kata Hendry, MT.Seaborne Petro GT 57.315 itu mengalami mati mesin induk. Lalu nakhoda kapal tersebut memutuskan melakukan urgensi lego jangkar untuk perbaikan.

“KN Rantos P-210 tiba di lokasi sekitar pukul 16.00 WIB, Rabu kemarin. Disana didapati MT.Seaborne Petro lagi lego jangkar dengan posisi 8 Mill dari bibir Pantai Desa Berakit,” jelasnya.

Komandan Patroli KN Rantos P-210, Gundhi Wibowo telah melaporkan data dan kondisi kapal tersebut melalui komunikasi radio VHF di chanel 16 dan 71.

Kemudian petugas KN Rantos juga terus melakukan komunikasi kepada pihak MT.Seaborne Petro untuk memastikan kondisi ABK-nya di sana baik-baik saja, selama dilakukan perbaikan terhadap mesin induk.

Saat ini, pengamanan oleh KN Rantos P-210 masih terus dilakukan sampai perbaikan mesin MT Seaborne Petro itu selesai dilakukan dan Kapal dapat melanjutkan perjalanannya kembali.

Penulis:Hasura
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...