Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Begini Cara Yayasan Majelis Taklim Pak Karno Peringati Harlah Pancasila 

Para pengurus Yayasan Majelis Taklim Pak Karno bersama Front Nasionalisme Harlah Pancasila dengan dengan penuh kesederhanaan.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Yayasan Majelis Taklim Pak Karno bersama Front Nasionalisme, memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila dengan kesederhanaan.

Dengan berkumpul bareng bersama kalangan warga dari berbagai suku dan agama, mereja saling berdiskusi dan menuangkan ide mengenai makana dan tujuan serta berkah dari Filsafah yang terkandung didalam 5 Sila Pancasila sebagai dasar Negara, di sebuah Warung Kopi Tanjungpinang, Selasa (1/6/2021).

Pimpinan Majelis Taklim Yayasan Pak Karno Mounieka Suharbima, menyampaikan Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Bangsa Indonesia.
‘Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara, menjadi fondasi Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” ujarnya.
Pancasila sebagai Dasar Negara lanjut praktisi hukum ini, juga menjadi grundnorm atau Dasar hukum dari semua aturan dan mekanisme dalam berbangsa dan bernegara di Indonesia. Makna yang terkandung di masing-masing Sila Pancasila juga menjadi tauladan bagi seluruh warga negara.
Ia mengajak untuk menjadikan Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran. Dirinya juga menegaskan akan pentingnya bangsa Indonesia meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi.

“Mari kita segenap warga untuk senantiasa menjaga persatuan. Kita harus terus-menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Mounieka berpendapat, untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin. Maka semua elemen masyarakat harus  bergotong-royong menggapai keadilan sosial.

”Semangat gotong-royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus dipupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat,” ujarnya.

Sebab itu, Mounika mengajak agar semuanya mampu memperkukuh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan.

”Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya yang unggul dan tangguh,” paparnya.

Menurutnya, semangat berprestasi ini, juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur. Sehingga momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 sebagai momen refleksi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” ucapnya.

Tak luput, Mounieka menambahkan bahwa, kita patut berbangga dengan santiaji Pancasila yang mempunyai nilai luhur dan semoga kedepannya tetap bertahan dan punya semangat Nasionalisme lebih baik lagi kedepannya.

“Walaupun merayakan hari lahir Pancasila 1 Juni ini, dengan penuh kesederhanaan dan penuh hikmah,” pungkasnya.

Penulis:Roland
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...