Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
DPRD Lingga

Vaksinasi Massal Covid-19, Puskesmas Posek Datangi Warga ke Pulau-Pulau

*Medan Berat Jadi Kendala Warga Datangi Sentra Vaksinasi

Tim Medis dan Tenaga Kesehatan UPT Puskesmas Posek, Kecamatan Kepulauan Posek, Lingga saat vaksinasi di Desa Suak Buaya belum lama ini. (Foto: Aulia/Presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Lingga – Kepala Puskesmas Posek, Iin Ratna, AMK, menyebutkan program vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama bagi ASN, Lansia, Pelayanan Publik di Kecamatan Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga, terus dikebut dengan target sasaran 250 orang.

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah ‘jemput bola’ dengan mendatangi pulau-pulau yang ada di kecamatan kepulauan Posek, salah satu pulau yang dilaksanakan adalah Desa Suak Buaya yang merupakan desa yang terpisah dengan Puskesmas Posek,” ujarnya

Ia mengatakan vaksinasi ini di area tersebut tak lepas dari peran aktif pemerintah desa (Pemdes) Suak Buaya. Pihaknya menggandeng Pemdes untuk menyiapkan Posko Pelayanan Vaksinasi.

“Karena salah satu kendala masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi di Puskesmas Posek adalah transportasi yang digunakan. Harus menunggu ada yang mau mengantar. Maka kami Puskesmas Posek bersama pemerintah Desa Suak Buaya berinisiatif untuk membuat Pos Pelayanan Vaksinasi di desa Suak Buaya, agar masyarakat dapat melakukan vaksinasi dan pemerataan vaksin,” ujar Iin Ratna.

Hasilnya, sebut Iin, banyak masyarakat yang antusias untuk dilakukan vaksinasi tahap ini di Desa Suak Buaya. Jumlah lansia yang disasar vaksin covid-19 di wilayah puskesmas tersebut sekitar 250 orang untuk 3 Desa dan 1 Desa Persiapan.

”Walau, tidak semua masyarakat yang mau untuk mengikuti vaksinasi. Tetapi pemerintah desa Suak Buaya sudah berantusias untuk mengarahkan agar masyarakat bersedia di vaksin,” ujarnya..

Lebih jauh Iin menambahkan, meski sosialisasi vaksinasi sudah dilakukan di setiap desa di Kecamatan Kepulauan Posek, sayangnya pada waktu pelaksanaan vaksinasi belum sepenuhnya maksimal.

Hal ini dikarenakan mobilisasi masyarakat menuju Pos Pelayanan Vaksinasi UPT Puskesmas Posek merupakan salah satu hambatan masyarakat.

”Karena sulitnya menyesuaikan kondisi alam laut yang tepat untuk melakukan perjalanan menuju UPT Puskesmas Posek. Sehingga capaian pelaksanaan vaksinasi di UPT Puskesmas Posek belum maksimal,” ujarnya.

Oleh sebab itu Kecamatan Kepulauan Posek, Polsek Singkep Barat, UPT Puskesmas Posek dan desa se Kecamatan Kepulauan Posek sepakat untuk menyediakan Pos Pelayanan Vaksinasi di desa se Kecamatan Kepulauan Posek.

Hal itu, masih IIn, bertujuan terlaksananya serta pemerataan pelayanan vaksinasi Covid-19 dapat berjalan secara optimal di masyarakat yang ada di desa se Kecamatan Kepulauan Posek dan masyarakat dapat turut aktif dalam kegiatan vaksinasi ini.

Penulis: Aulia
Editor: Ogawa

Comments
Loading...