Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kemenag Bintan: 40 Pasang Anak Menikah Dini di Tahun 2020

Kepala Kantor Kemenag Bintan, Erman Zaruddin. (Foto: Istimewa/Kemenag Bintan).

PRESMEDIA.ID, Bintan – Berdasarkan data di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bintan sebanyak 1.055 pasang melaksanakan pernikahan sepanjang 2020. Dari total itu, tercatat 40 pasang pengantin, merupakan anak di bawah umur yang melangsungkan pernikahan dini.

Kepala Kantor Kemenag Bintan, Erman Zaruddin, mengatakan dengan adanya perubahan dalam undang-undang yang menetapkan usia nikah 19 tahun bukan lagi 16 tahun, jumlah pernikahan dini tetap saja meningkat.

“Sepanjang 2020, ada 40 pasang anak di bawah umur melakukan pernikahan dini. Mereka terdiri dari 8 orang laki-laki dan 32 orang perempuan,” katanya.

Dari 40 pasang anak di bawah umur yang lakukan pernikahan dini. Secara akumulatif, Kecamatan Teluk Bintan dan Teluk Sebong menjadi penyumbang terbesar atau berada di urutan pertama di Kabupaten Bintan. Yaitu 8 pasang melaksanakan pernikahan dini.

“Untuk jumlah pernikahan dini terendah berada di Kecamatan Seri Kuala Lobam dengan jumlah 1 pasang melaksanakan pernikahan dini,” jelasnya.

Erman, berharap kasus ini menjadi atensi dari berbagai pihak. Seperti dari Kantor Urusan Agama (KUA) maupun Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, forum anak dan lembaga swadaya pemerhati anak lainnya.

“Kita berharap pihak terkait juga memberikan penyadaran tentang usia nikah kepada orang tua dan para remaja,” demikian Erman.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...