Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ditetapkan Tersangka, Ini Modus Deni Curi Kotak Infak Masjid

*Polisi Kembangkan Pencurian Deni di Sejumlah Masjid

Deni ditetapakan Tersangka pencuri Kotak Infak Masjid As-Syifa Perumahan Bumi Air Raja KM 14 kelurahan Pinang Kencana Tanjungpinang (Foto:Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Polsek Tanjungpinang Timur menetapkan Deni (24) tersangka pelaku pencurian kotak Infak di Masjid As-Syifa Perumahan Bumi Air Raja KM 14 kelurahan Pinang Kencana Tanjungpinang.

Kepala Unit Reskrim (Kanit) Reskrim Polsek Tanjungpinang Timur, Ipda Sidiq Amin, mengatakan selain menetapkan Deni sebagai tersangka, pihaknya juga melakukan pengembangan atas sejumlah laporan kasus pencurian kotak infak di 3 Masjid yang ada di wilayah hukum Polsek Tanjungpinang Timur.

Hal ini dikarenakan, pencurian kotak infak masjid saat ini, marak terjadi, Sehingga, dengan tertangkapnya pelaku Deni, Polisi melakukan pengembangan atas sejumlah kejadian pencurian kotak infak di sejumlah masjid di wilyah Tanjungpinang Timur.

“Total LP pencurian kotak infak ada di 3 di Masjid, hingga kami lakukan pengembangan penyelidikan, Apakah pelaku (Deni) ini ada keterlibatannya dengan pencurian kotak infak di sejumlah Masjid itu,” kata Sidiq, Senin (7/6/2021).

Pura-Pura Sholat, Tutup CCtv Baru Bongkar kotak Infak  

Selain itu, Sidiq menyebutkan, dari tertangkapnya pelaku, dan mengaku mencuri kotak infak seorang diri, menimbulkan kecurigaan Polisi. Sebab, dari keterangan saksi di TKP, pelaku mencuri kotak infak di Masjid Air Raja itu, bersama dengan seorang temannya yang memanjat tiang dan menutup CCtv Masjid dengan Plastik.

“Sehingga dalam kasus ini ada dua pelaku. Karena tersangka Deni ini dibantu temannya memanjat tiang CCTV Masjid,” ujarnya.

Adapun Modus pencurian yang dilakukan Deni dan rekanya, kata Sidiq, adalah dengan berpura -pura sebagai jamaah masjid yang ingin menjalankan sholat. Kemudian, ketika masjid dalam keadaan sepi dan tidak ada orang, baru pelaku melancarkan aksinya.

“Pelaku sudah memantau dan sudah tahu letak CCTV dan menutupnya dengan kantong plastik,” ungkapnya.

Di Masjid As-Syifa Perumahan Bumi Air Raja KM 14 kelurahan Pinang Kencana Tanjungpinang Tanjungpinang terdapat 4 kotak Infak. Dua diantaranya berhasil dibuka Pelaku Deni dengan menggunakan obeng.

“Sejumlah uang dari dalam kota juga telah dikeluarkan ke lantai, untungnya diketahui warga dan berhasil diamankan. Total uang dari dua kotak infak yang sudah dikeluarkan Rp 5 juta,” jelasnya.

Kepada pengurus Masjid, Sidiq juga mengimbau, agar memperketat keamanan di masjid, karena banyak pengurus masjid yang kecolongan dengan modus berpura-pura sholat.

“Kita meminta kepada pengurus masjid untuk mengumpulkan uang yang ada di kotak infak dalam satu minggu atau dua minggu sekali. dan jangan menumpuk banyak dulu baru diambil,” paparnya.

Penulis:Roland
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...