Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kasus Covid Terus Bertambah, Pemkab Bintan Siapkan Stadion Tempat Karantina Covid-19

BPBD Bintan saat menyiapakan sejumlah Kasur tempat tidur bagai Pasien Isolasi penderita Covid-19 di Stadion Sepak Bola Busung

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan mulai menata dan mempersiapkan Stadion sepak Bola Megat Alam Perkasa Busung Busung, sebagai tempat Karantina dan isolasi terpadu pasien Covid-19.

Plt.Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan Ramlah, mengatakan dalam mempersiapkan stadion itu sebagai lokasi isolasi dan karantina terpadu, pihaknya sudah mulai mempersiapakan dan mendistribusikan 100 unit kasur tempat tidur sebagai persediaan bagi pasien positif Covid-19 yang akan diisolasi di stadion Sepak Bola Kecamatan Seri Kuala Lobam itu.

“Sejumlah fasilitas yang diperlukan satu-persatu sudah kita lengkapi. Salah satunya kasur sebagai alas tempat tidur pasien positif covid-19 asal Bintan yang menjalani isolasi di sana,” ujar Ramlah.

Romlah juga mengakui, sebagai tempat isolasi terpadu, masih banyak fasilitas yang dibutuhkan di Stadion Sepak Bola itu, termasuk renovasi dan pembuatan sekat kamar dan ruangan khusus.

Sayangnya, untuk mengerjakan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Bintan terbentur dengan kekurangan anggaran. Ningga pemerintah kabupaten Bintan mengajukan bantuan ke Pemprov Kepri, khususnya Satgas Covid-19 Kepri.

“Untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya untuk tempat isolasi ini kita masih menunggu usulan dari Dinkes dan Perkim Bintan,” jelasnya.

Stadion Megat Alang Perkasa diperkirakan akan memiliki 100 kamar. Kemudian dilengkapi berbagai fasilitas lainnya. Mulai dari air bersih tempat olahraga dan lainnya. Sehingga sangat tepat bagi pasien yang menjalani isolasi guna penyembuhan dari virus tersebut.

“Jika fasilitasnya sudah lengkap, gedung ini akan segera dioperasikan untuk isolasi pasien positif covid-19,” pungkasnya.

Sebelumnya Tim Satgas Covid-19 kabupaten Bintan menetapkan Gelanggang Olahraga (GOR) atau Stadion Sepak Bola Megat Alang Perkasa di Desa Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam sebagai lokasi cadangan karantina atau isolasi pasien positif covid-19 di Kabupaten Bintan.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan, Ramlah mengatakan awalnya ada 8 lokasi di 5 kecamatan ditinjau untuk dijadikan lokasi cadangan isolasi. Peninjauan itu dipimpin langsung oleh Wabup Bintan Roby Kurniawan, Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono dan OPD lainnya.

“Jadi kemarin ada peninjauan untuk lokasi isolasi baru bagi pasien covid-19. Itu dilakukan sebagai langkah persiapan untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 di Kabupaten Bintan,” ujar Ramlah, Jumat (4/6/2021) kemarin.

Sebagaimana diketahui, jumlah pasien Positif Covid-19 Bintan hingga saat ini terus bertambah dengan total pasien positif Covid-19 aktif yang dirawat dan menjalani diisolasi di Bintan saat ini mencapai 285 orang.

Seluruh pasien kasus aktif ini, menjalani isolasi di sejumlah tempat berbeda-beda di Bintan. Diantaranya 1 orang di RSUD Bintan, 4 orang di RSUD Kota Tanjungpinang, 5 orang di RSUP RAT Kepri, 56 orang di LPMP Kepri Ceruk Ijuk Bintan, Safe House Pertamina Tanjunguban 3 orang dan yang menjalani isolasi secara mandiri ada 216 orang.

Penulis:Hasura
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...