Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

LKPj-APBD 2020 Tidak Sesuai RPJMD, Pansus Beri Sejumlah Catatan ke Pemerintah

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menyerahkan Rencana Awal RPJMD Kepri 2021-2026 ke DPRD Kepri.(Foto:Ismail/presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau memberi sejumlah catatan dan rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) APBD Kepri 2020.

Juru Bicara Pansus LKPj-APBD 2020, Muhammad Taufik, menyampaikan dari hasil pembahasan pansus menilai LKPj APBD Kepri 2020 masih memiliki sejumlah catatan dan rekomendasi.

“Salah satunya mengenai capaian indikator kinerja APBD yang tidak sesuai dengan indikator yang relevan pada tahun berjalan,” ujarnya dalam Laporan Akhir Pansus DPRD Kepri terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) APBD Kepri Tahun Anggaran 2020, Senin (7/6/2021) kemarin.

M.Taufik juga menyebut, masih banyak anggaran kegiatan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepri yang tidak sesuai dengan indikator pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021.

“Padahal RPJMD ini merupakan dasar utama, pedoman Program dalam setiap rencana pembangunan daerah. Namun, banyak yang kita temui, program kegiatan yang dilakukan OPD tidak sesuai dengan tugasnya,” katanya.

Taufik menjelaskan, terdapat 19 Dinas atau Badan dan 6 Biro di lingkungan Pemerintah Provinsi yang memiliki indikator yang tidak sesuai dengan RPJMD.

Oleh karena itu, lanjutnya, Pansus berharap agar kedepan indikator-indikator yang tidak relevan itu diperbaiki agar lebih baik lagi.

“Sehingga program yang dilaksanakan atau direncanakan sesuai dengan tugasnya dan mampu memberikan kinerja yang efektif dalam setiap program yang dijalankan,” ujarnya.

Selain itu, catatan lainnya masih ada rekomendasi pada tahun 2019 lalu yang sudah ditindaklanjuti, Namun masih kurang optimal terlebih dalam penyusunan anggaran.

Namun demikian Pansus DPRD juga menyatakan menerima LKPJ-APBD 2020 itu untuk dilanjutkan ke Pembahasan ranperda dengan sejumlah catatan rekomendasi.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat mengusulkan Ranperda LKPj-APBD Kepri 2020 mengucapkan terima kasih atas rekomendasi yang disampaikan DPRD Kepri.

“Kita yakin dengan dibahasnya LKPj oleh DPRD Kepri dapat memberikan evaluasi, saran dan masukan yang diberikan bertujuan agar pelaksanaan APBD Kepri lebih sempurna dan lebih baik lagi,” demikian Ansar.

Penulis:Ismail
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...