Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Positif Covid Bintan Tambah 26 Kasus Termasuk 11 WNA Pencari Suaka di Bhadra Resort

Mobil milik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas ll Tanjungpinang yang mengantar 23 awak KN Andhara yang terpapar Covid ke lokasi isolasi. (foto: Dok-resmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan mengatakan, Jumlah Warga Negara Asing (WNA) Pencari suaka yang terinfeksi Covid-10 di Bhadra Resort Bintan, kembali bertambah 1 Orang.

Selain WNA pencari suaka itu, Penambahan jumlah kasus Positif Covid-19 yang merupakan warga Bintan juga mengalami penambahan menjadi 26 kasus.

Kepala Dinkes Bintan, dr Gama AF Isnaini, mengatakan 26 orang yang positif covid-19 itu berasal dari daerah yang berbeda. Untuk 21 orang berasal dari 4 kecamatan di Kabupaten Bintan dan sisanya sebanyak 5 orang dari luar daerah.

“Mereka terdiri dari 4 wanita dan 22 pria. Untuk usianya, 2 orang kalangan balita selebihnya berusia 22-50 tahun,” ujar Gama, kemarin.

Dari 26 yang positif covid-19 ini, 11 diantaranya dari Kecamatan Toapaya. Mereka merupakan Klaster Bhadra Resort. Sebab kesemuanya merupakan imigran yang ditampung di Bhadra Resort. Mereka tertular dari orang yang sama yaitu petugas International Organization for Migration (IOM) atau Organisasi Internasional untuk Imigran.

“Mereka merupakan imigran dari berbagai negara. Kini mereka isolasi mandiri di tempat penampungan,” jelasnya.

Kemudian 5 orang dari luar daerah itu merupakan para pekerja Kapal PT Pertamina. Mereka berasal dari Sulawesi, Jambi dan Jawa Tengah.

Berdasarkan riwayat perjalanan, mereka sempat ke Kota Batam. Kemudian menuju Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara. Lalu pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memeriksa kesehatan mereka dan mengambil swabnya.

“Hasilnya ke 5 pekerja kapal tersebut positif covid-19. Sekarang mereka telah menjalani isolasi di LPMP Kepri Ceruk Ijuk, Toapaya,” katanya.

Sedangkan 10 orang lagi dari Bintan Timur ada 8 orang, Bintan Utara ada 1 orang, dan Teluk Bintan ada 1 orang. Dengan adanya penambahan ini jumlah pasien positif covid-19 di Kabupaten Bintan mencapai 1.742 orang.

Kemudian yang berhasil sembuh dari virus tersebut sebanyak 1.439 orang dan meninggal dunia sekitar 37 orang. Sehingga pasien yang masih aktif isolasi ada 266 orang.

“Kita himbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan menerapkan 5M. Karena dengan cara itu kita bisa mencegah penularan covid-19,” ujarnya.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...