Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Satgas Covid Sebut Vaksin AstraZeneca di Kepri Mendekati Kadaluarsa

Ilustrasi vaksin AstraZeneca. (foto: dokumentasi/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Ketua Satgas Harian Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau H TS Arif Fadillah menyebutkan, sebanyak 11.500 vial vaksin AstraZeneca di Provinsi Kepulauan Riau mendekati kadaluarsa pada 30 Juni 2021.

Untuk itu, Arif yang juga selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri ini, menjelaskan pihaknya kini tengah mengebut pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di seluruh daerah.

”Ditargetkan, stok vaksin AstraZeneca yang ada tersebut habis pada 25 Juni 2021 mendatang. Memang masa berlakunya sampai 30 Juni, maka kita kebut pelaksanaanya sekarang,” ungkapnya, Jumat (11/6/2021).

Kendati demikian, Arif memastikan sampai saat ini tak ada vaksin AstraZeneca yang kedaluwarsa di Kepri. Karena, pihaknya secara rutin memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di seluruh kabupaten/kota.

Ia mengatakan, saat ini cakupan vaksinasi mencapai 10 ribu orang per hari. Hal tersebut menyusul dengan target Gubernur Kepri yang menginginkan hingga akhir Juni ini capaian vaksinasi di Kepri 50 persen.

“Kita gesa itu, agar target 50 persen Juni ini tercapai,” ujarnya.

Arif menambahkan, saat ini capaian vaksinasi di Kepri masih 17 persen atau berada di bawah nasional sebesar 20 persen. Maka dari itu, ia meminta seluruh kabupaten/kota memperluas pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat umum hingga para pekerja formal dan informal.

Dia juga mengimbau supaya Pemerintah Kabupaten/Kota mengkoordinasikan kepada Pemprov Kepri jika ada kendala dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Serta, memperbanyak sentra vaksinasi, dan pemprov siap menurunkan tenaga vaksinator untuk membantu program vaksinasi hingga ke tingkat desa.

“Kalau butuh vaksin, langsung kita kirim. Apalagi Pemerintah Pusat melalui Kemenkes berkomitmen penuh mendukung program vaksinasi di Kepri,” demikian Arif.

Penulis: Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...