Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sempat Berdalih Sakit, Jaksa Akhirnya Tahan Tiga Tersangka Penadah Barang Curian di Batam

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri Hari Setiyono.

PRESMEDIA.ID, Batam- Sempat berdalih sakit saat berkasnya dilimpahkan Penyidik ke Jaksa. Tiga tersangka penadah barang curian besi Scrap Crane noel di Batam, masing-masing tersangka Usman alias Abi, Umar Sunardi alias Nardi dijebloskan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi Kepri dan Kejaksaan negeri Batam ke penjara.

Penahanan ke tiga tersangka penadahan barang curian ini, dilakukan Jaksa setelah sebelumnya penyidik Polda Kepri menyerahkan berkas perkara, barang bukti dan tersangka ke Kejaksaan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri melalui Plh Kasi Penkum Kejati Kepri, Kasi B Hadi Riyanto, mengatakan ketiga tersangka dilakukan penahanan selama 20 hari kedepan di Sel Tahanan Rutan Barelang Batam, atas sangkaan pasal 480 ke 1 Jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP atau pasal 480 ke 2 Jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

“Penahanan dilakukan semalam, Kamis (10/6/2021) setelah sebelumnya melakukan Second Opinion Pemeriksaan di RS Embung Fatimah Batam yang menyatakan ketiga tersangka dalam kondisi sehat,” ujarnya Jumat (11/6/2021).

Ketiga tersangka lanjut Hadi akan ditahan selama 20 hari terhitung sejak 10 Juni 2021 sampai 29 Juni 2021 di Rutan Barelang Batam.

Kasus penadahan barang curian besi Scrap Crane Noel ini, sebut Hadi, merupakan lanjutnya dari perkara tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang sebelumnya dituntut atas nama terpidana Didi Supriadi alias Dedi bin Abbas, terpidana Dwi Budi Santoso alias Dwi bin Dedi Supriadi dan terpidana Saw Tun alias Alamsyah alias Alam bin MZ Husein.

Terhadap pelaku terpidana Didi Supriadi alias Dedi bin Abbas, Dwi Budi Santoso alias alias Dwi Dedi Supriadi dan Saw Tun alias  Alamsyah alias alam bin MZ Husein, sebelumnya juga telah diputus Hakim PN, dengan amar terbukti bersalah melakukan tindak pidana pencurian dalam keadaan memberatkan sebagaimana pasal 363 ayat 1 ke-4 KUHP atas barang berupa besi “scrap Crane Noel” yang sebagian atau seluruhnya merupakan milik Kasidi alias Ahok atau setidaknya milik orang lain,” Jelasnya.

Putusan hakim Pengadilan Negeri Batam itu, tercatat dengan perkara nomor:170/Pid.B/2020/PN Btm pada 20 Mei 2020 dan diperkuat dengan putusan Pengadilan Tinggi Pekanbaru yang telah berkekuatan Hukum tetap.

“Dengan penahanan ke 3 tersangka penadahan ini, dalam waktu dekat Tim JPU Penuntut Umum, juga akan segera melimpahkan berkas ke tiga tersangka ke PN Batam untuk segera disidangkan,” ujarnya.

Penulis  :Redaksi 
Editor   :Redaksi 

Comments
Loading...