Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sapi Kurban Presiden, Bintan Dapat Seekor Sapi Seberat 890 Kg

Kepala Balai Karantina Pertanian (BKP) kelas II Tanjungpinang, Raden Nurcahyo. (Foto: Roland/Presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Program sapi kurban Presiden Republik, Joko Widodo menyisir hingga Kabupaten Bintan. Untuk Idul Adha tahun 2021 ini, Presiden memberikan sedekah sapi seberat 890 Kg untuk warga tersebut.

Kepala Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Tanjungpinang, Raden Nurcahyo mengatakan, pihaknya telah memeriksa sapi kurban tersebut dengan berat 890 Kg jenis Ongole (PO) bersama sapi kurban dari Gubernur Kepri.

“Kita periksa kesehatannya dalam posisi baik dan sehat, sehingga kita bebaskan untuk bisa menuju ke masjid yang dituju di Kabupaten Bintan,” kata Raden, Senin (19/7/2021).

Raden menyebutkan mulai dari H-3 sampai H-1, pihaknya bersama tim melakukan pengawasan di seluruh pelabuhan yang ada diseluruh wilayah Pulau Bintan.

”Ini untuk memastikan agar tidak terjadi pelanggaran penyelundupan pelanggaran ketentuan persyaratan karantina, baik itu hewan kurban, komoditas pertanian dan hewan serta tumbuhan lainnya. Seluruh  ternak kurban semuanya dalam kondisi sehat dan aman,” ucapnya.

Lebih  jauh, Raden menjelaskan, sampai saat ini mencatat ada sebanyak 3.652  ekor sapi dan kambing yang telah masuk ke Pulau Bintan untuk kebutuhan Tanjungpinang – Bintan menjelang Idul Adha tahun 2021.

”Data itu terjadi peningkatan dibandingkan tahun 2020 sebanyak 3.468 ekor sapi, kambing dan domba. Semua hewan yang masuk ke Pulau Bintan ini juga kita lakukan pengecekan surat kesehatan, penyakit dan lain lain,” pungkasnya.

Penulis: Roland
Editor: Ogawa

Comments
Loading...