Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kacabjari Tarempa Tetapkan Mantan Aparat Desa Tersangka Korupsi Dana Desa

Mantan Aparatur desa inisial I ditetapkan sebagai Tersangka dana Desa oleh Cabang Kejaksaan Natuna di Tarempa (foto: Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kejaksaan Negeri Cabang Natuna di Tarempa, menetapkan satu orang oknum Aparatur desa sebagai tersangka korupsi Dana Desa Rp 180 juta tahun 2020.

Kepala cabang Kejaksaan Natuna di Tarempa Roy Huffington Harahap, mengatakan tersangka dengan inisial I (35) yang ditetapkan itu, merupakan mantan oknum perangkat Desa Tarempa Barat Daya di Anambas.

Tersangka I lanjut Roy, ditetapkan tersangka berdasarkan Surat Penetapan Tersangka Nomor:Print-108/L.10.13.8 /Fd.1/7/2021 tanggal 22 Juli 2021 dan surat perintah penyidikan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa nomor: print – 01/L.10.13.8/Fd.1 /06/2021 tanggal 4 Juni 2021.

“Alokasi dana desa ini seharusnya digunakan untuk kegiatan lanjutan pemasangan batu miring serta semenisasi jalan menuju Tanjung Pandan dan Semenisasi jalan gang kuburan Desa Tarempa Barat Daya dengan pagu anggaran dana desa Rp 179 juta,” ujarnya Kamis (22/7/2021).

Namun dalam kenyataannya lanjut Roy, kegiatan tidak dilaksanakan dan Laporan dibuat fiktif untuk mencairkan anggaran yang mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp180 juta.

Sebelum penetapan tersangka jelasnya, penyidik Kacabjari Tarempa sebelumnya juga telah melakukan penyelidikan dan mengumpulkan alat dan barang bukti dengan memeriksa 11 orang sebagai saksi.

“Dengan alat dan barang bukti tersebut, membuat tindak pidana yang dilakukan menjadi terang, sehingga berdasarkan bukti permulaan yang cukup kami menetapkan I sebagai tersangka dalam dugaan korupsi dana Desa ini,” ujarnya.

Atas perbuatannya, tersangka I dijerat dengan pasal 2 dan Pasal 3 Jo Pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Untuk proses hukum lebih lanjut, saat ini Tersangka I dilakukan penahanan.

Penulis :Redaksi
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...