Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Bu Wali…! Ketua DPRD Tanjungpinang Tetap Beli Mobil Baru Lho, Sekwan: Memang Dibutuhkan Sebagai Alat Kerja

Sekwan DPRD Kota Tanjungpinang Efendi(Presmed6)

PRESMEDIA.ID,  Tanjungpinang- Kendati dalam situasi Pandemi dan ekonomi masyarakat dalam kondisi terhimpit. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Tanjungpinang tetap mengadakan Mobil dinas untuk ketua DPRD dari anggaran APBD 2021.

Sekretaris DPRD kota Tanjungpinang Effendi, mengatakan Pengadaan Mobil dinas ketua DPRD kota Tanjungpinang dengan pagu anggaran Rp663,000,000 itu, saat ini sudah dilelang dan sedang dilaksanakan pihak ketiga.

Dalam waktu dekat lanjut Efendi, akan segera didatangkan dan digunakan ibu ketua DPRD kota Tanjungpinang.

Efendi menjelaskan, pengadaan Kendaraan Dinas Jabatan Ketua DPRD kota Tanjungpinang itu, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor: 18 tahun  2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD yang menegaskan bahwa, pimpinan DPRD disediakan  tunjangan Kesejahteraan berupa Kendaraan dinas Jabatan termasuk kendaraan dinas yang diperuntukkan bagi Pimpinan DPRD.

Sebenarnya kata Effendi, Pada 2019 Pemerintah kota Tanjungpinang telah mengadakan 4 unit mobil dinas merk Fortuner TRD yang peruntukannya, Dua unit digunakan Walikota, Satu unit diperuntukan untuk mobil dinas Wakil Walikota dan satu unit diperuntukan oleh Dinas lainnya.

“Sedangkan 2 unit mobil dinas Toyota Kijang Ribbon, diperuntukan untuk mobil dinas wakil ketua DPRD. Sementara untuk Ketua DPRD tidak dianggarkan. Saya pun tidak tahu kenapa anggaran mobil dinas Jabatan  Ketua DPRD belum teranggarkan,” ujarnya.

Kemudian di tahun 2020 lanjutnya, DPRD Tanjungpinang melalui Rask anggaranya, juga mengajukan pengadaan kendaraan dinas Jabatan Ketua DPRD itu. Tetapi mengingat saat itu pandemi Covid-19 dan APBD juga refocusing untuk dana penanganan Covid, hingga pengadaanya ditunda mengingat kebutuhan anggaran untuk penanganan Covid lebih diprioritaskan.

Badan Anggaran dan TAPD kota Tanjungpinang, pada saat itu juga menyepakati, anggaran untuk kendaraan dinas Jabatan Ketua DPRD pada 2020 dialihkan peruntukannya untuk Penanganan Covid dan pengadaannya digeser pada tahun Anggaran 2021.

“Jadi selama hampir 3 tahun ini, Ketua DPRD dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, masih menggunakan Kendaraan Pribadi. Tentu hal ini harus kami adakan kembali sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah no 18 th 2017 itu,” ujarnya.

Saat ini lanjut Effendi Pengadaan mobil dinas dan pembeliaan Laptop serta Kamera Mirrorless yang diadakan dari APBD 2021 kota Tanjungpinang itu sedang dalam proses penyelesaian oleh pihak ketiga selaku penyedia.

Sebelumnya, berdasarkan DIPA-APBD 2021, Sekretaris DPRD kota Tanjungpinang mengalokasikan anggaran Rp.663,000,000,- untuk pengadaan Barang Kendaraan Dinas Ketua DPRD kota Tanjungpinang berupa Mobil.

Selain pengadaan Mobil, Sekretariat DPRD kota Tanjungpinang juga akan mengadakan satu unit Laptop untuk Wakil I Ketua DPRD senilai Rp.21.710.000,-. Namun demikian, tidak dijelaskan Laptop merk dan jenis apa yang akan diadakan dengan dana puluhan juta itu di RKA Setwan.

Demikian juga dengan Pengadaan Kamera Komisi I DPRD, Sekretariat DPRD kota Tanjungpinang juga mengalokasikan anggaran APBD 2021 sebesar Rp.16.042.400,- untuk membeli Kamera Mirrorless, Namun dalam RKA anggaran Sekwan ini juga tidak dijelaskan spesifikasi jenis dan Merk Kamera Mirrorless yang akan diadakan.

Walikota Rahma Batalkan Pengadaan Mobil Sedan di APBD 

Sebelumnya, Selain pengadaan Mobil untuk ketua DPRD, Wali kota Tanjungpinang melalui DIPA-APBD 2021 juga menganggarkan dana di APBD 2021 untuk pembelian Mobil dinas.

Namun menurut wali kota Rahma, DIPA anggaran pembelian mobil dinas itu sudah dibatalkan melalui refocusing dan rasionalisasi anggaran, pada Perubahan APBD 2021.

Alasan pembatalan, dikatakan Rahma, karena membutuhkan anggaran untuk penanganan Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda kota Tanjungpinang.

Jadi bu wali, bu ketua DPRD kota Tanjungpinang tetap beli mobil baru lho..!, karena memang kata Sekwan dibutuhkan.

Penulis:Redaksi
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...