Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

KPU Bintan Analisa Data Bawaslu Tentang Perbaikan Data Pemilih

Ketua KPU Bintan Haris Daulay

PRESMEDIA.ID, Bintan – KPU Bintan telah menerima surat dengan Nomor 008/PM.00.02/K.KR-02/VII/2021 dari Bawaslu Bintan atas saran perbaikan data pemilih berkelanjutan dari hasil pengawasan mereka.

Komisioner KPU Bintan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Haris Daulay, membenarkan Bawaslu Bintan telah menyurati KPU Bintan perihal saran perbaikan data pemilih berkelanjutan.

“Surat dari Bawaslu Bintan sudah kita terima. Bahkan langsung kita tindaklanjuti,” sebutnya.

Saran dan masukan data untuk pemutakhiran data pemilih berkelanjutan sangat diperlukan KPU Bintan. Bahkan segala bentuk saran dan masukan demi kebaikan pemutakhiran data pemilih dari pihak lainnya juga akan diterima.

Namun tidak serta merta saran dan masukan itu langsung dimasukkan ke dalam penelitiannya. Tetapi akan dianalisis terlebih dulu datanya. Dimulai melakukan pemilahan mana yang akan dijadikan pemilih baru, ubah data atau akan mengalami proses penghapusan dari DPT karena tidak memenuhi syarat lagi.

“Kami KPU Bintan mengapresiasi masukan dari kawan-kawan Bawaslu Bintan. Kami siap menerima segala bentuk masukan dari pihak manapun,” jelasnya

Jika sudah dianalisis maka langkah selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Bintan. Tujuannya untuk mengkonfirmasi data yang diberikan oleh rekan-rekan Bawaslu Bintan khususnya berkenaan dengan data pemilih yang pindah masuk dan pindah keluar dari dan ke Kabupaten Bintan.

“Total data yang diserahkan Bawaslu Bintan sebanyak 100 data warga. Terdiri dari 1 warga berubah menjadi TNI/Polri, 38 meninggal, 21 pindah datang, dan 40 pindah keluar. Data inilah yang akan dikonfirmasi untuk kebenarannya lalu baru dijadikan data pemilih berkelanjutan,” ucapnya.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...