Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Napi Kurir Sabu Sipir di Lapas Narkotika Dituntut 10 Tahun Penjara

Sidang terdakwa M.Yamin Napi lapas yang menjadi kurir sabu Sipir Lapas Narkotika Terdakwa Firdaus dituntut 10 tahun penjara di PN Tanjungpinang. (Foto:Roland/presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Terdakwa Muhamad Yamin, Narapidana yang menjadi kurir sabu Terdakwa Firdaus Sipir Lapas Narkotika kelas I Tanjungpinang dituntut 10 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Yustus One Simus Parlindungan di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Rabu (28/7/2021).

Dalam tuntutannya, Jaksa menyatakan terdakwa terbukti bersalah menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli menukar atau menyerahkan Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman beratnya 31,82 gram.

Sebagaimana dalam dakwaan pertama melanggar pasal 114 Ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menuntut terdakwa dengan tuntutan 10 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan penjara,”kata Yustus.

Atas tuntutan itu, terdakwa yang didampingi oleh Penasehat Hukumnya, menyatakan akan mengajukan pembelaan secara tertulis.

Mendengar itu, Ketua Majelis Hakim, Sacral Ritonga, yang didampingi oleh Majelis Hakim anggota menunda persidangan selama satu pekan mendatang.

Dalam dakwaan JPU, berawal apda saat Rizky (DPO) datang kerumah terdakwa Firdaus untuk membeli narkoba jenis sabu-sabu, tetapi nanti bahwa narkoba itu dititipkan kepada terdakwa M. Yamin Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika (dituntut terpisah)

Pada tanggal 12 Januari 2021 Rizky menghubungi terdakwa melalui via handphone menerangkan mengajak bertemu di Rumah Makan Padang di sekitar KM 18 Lapas Tanjung Pinang Kabupaten Bintan untuk makan siang bersama.

Usai makan Rizky menitipkan satu bungkus kotak rokok merk marlboro putih kepada terdakwa, untuk diberikan kepada Baso (Warga Binaan Lapas Narkotika Tanjungpinang). Karena terdakwa bekerja di dalam lapas, selanjutnya diberikan ke M.Yamin.

Pada saat ingin menuju kamar Baso, M Yamin di periksa oleh sipir lapas dan ditemukan 6 paket narkoba jenis sabu dengan berat seluruhnya 31,82 gram didalam kotak rokok, hingga akhirnya terdakwa diserahkan ke Mapolres Bintan.

Penulis : Roland
Editor. : Redaksi

Comments
Loading...