Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Jual Narkoba ke Polisi, Tiga Kurir Sabu Dihukum 9 Tahun Penjara

Jual narkoba sabu ke Polisi, Tiga Kurir sabu dihukum 9 tahun penjara oleh Hakim PN Tanjungpinang. (Foto: Roland/Presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Jual Narkoba ke Polisi, tiga terdakwa pemilik dan penjual Sabu masing-masiing Hamdani Siregar, Musshadri dan Raden Zulkarnaen dihukum 9 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan.

Putusan ini dijatuhkan Ketua Majelis Hakim, Bungaran Pakpahan didampingi Majelis Hakim, Risbarita Simarangkir dan Guntur di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa (31/8/2021).

Dalam putusanya hakim menyatakan, ketiga terdakwa terbukti bersalaah melakukan permufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman beratnya melebihi 5 gram.

Hal itu sesuai dengan dakwaan Primair jaksa penuntut umum melanggar Pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 132 Ayat 1 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Menghukum ketiga terdakwa dengan hukuman masing-masing 9 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan,” kata Bungaran.

Sementara itu untuk barangbukti narkoba 1 paket narkoba jenis sabu-sabu seberat 300 gram dirampas dan dimusnahkan.

Atas putusan itu, ketiga terdakwa yang didampingi Penashat Hukumnya, Anur menyatakan menerima, demikian juga Jaksa Penuntut Umum (JPU) Wirayanu, yang sebelumnya menuntut ketiga terdakwa dengan tuntutan masing-masing selama 11 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan.

Sebelumnya, ke tiga terdakwa diamankan Polisi dari Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Kepulauan Riau saat mau menjual dan menawarkan narkoba jenis sabu di pinggir Jalan Raya KM 8 Atas Jalan RH Fisabilillah Tanjungpinang sekitar pukul 21.30 WIB, Sabtu (30/1/2021) silam.

Penangkapan ke tiga terdakwa, berawal pada saat terdakwa Raden yang mengaku saat itu memiliki permasalahan keluarga, “Dijebak” seorang oknum Polisi inisial Kep dengan cara menyuruhnya mencarikan barang berupa sabu-sabu sebanyak 0,5 kilogram.

Atas perintaan oknum Polisi inisial Kep itu, selanjutnya terdakwa Raden menghubungi terdakwa Musardi untuk bertemu di Tepi Laut. Setelah bertemu, Kemudian Mushardi menghubungi Pala yang berada di Lapas Tanjungpinang untuk memesan sabu-sabu.

Setelah memesan selanjutnya mengambil sabu tersebut kepada seseorang dan setelah mendapatkan sabu-sabu itu, kemudian ketiga terdakwa membuat janji dengan Kep untuk menyerahkan narkoba di pinggir Jalan Raya KM 8 Atas Jalan RH Fisabilillah Tanjungpinang.

Namun saat mau menyerahkan barang haram itu tiga terdakwa Raden dan Musardi langsung ditagkap dan diborgol Polisi.

Penulis:Roland
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...