Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemutakhiran Data Agustus, KPU Bintan Temukan Pengurangan 36 Pemilih

KPU Bintan saat menggelar rekapitulasi PDPB Agustus secara virtual. (Foto: Hasura/Presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Bintan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan telah melakukan rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) untuk Agustus 2021. Hasilnya, didapati pengurangan 36 pemilih dari bulan sebelumnya.

Komisioner KPU Bintan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Haris Daulay, mengatakan berubahnya jumlah PDPB antara Juli dan Agustus berdasarkan dua temuan.

Yaitu, adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dan juga ada pemilih baru. Saat rekapitulasi, terdapat 59 pemilih TMS dan penambahan 23 orang pemilih baru.

”Maka didapat selisih atau pengurangan 36 orang antara jumlah PDPB Juli dengan Agustus,” ujar Haris, kemarin.

Jumlah pemilih TMS dan pemilih baru itu, tersebar di 14 kelurahan dan desa yang berada dalam 5 kecamatan. Sementara untuk pemilih yang pindah masuk dan pemilih yang pindah keluar pada Agustus tidak ditemukan alias kosong.

“Mereka berasal dari Kecamatan Bintan Timur, Toapaya, Bintan Utara, Bintan Pesisir, dan Seri Kuala Lobam,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memberikan informasi dan tanggapan jika berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah, pindah domisili masuk atau keluar Bintan serta bagi pensiunan TNI/Polri.

Tanggapan itu sangat berguna bagi perubahan data pemilih selama kegiatan PDPB untuk menghasilkan data pemilih yang lebih akurat, mutakhir, dan berkualitas pada pemilu dan pemilihan berikutnya.

“Bila ada tanggapan bisa hubungi posko layanan dengan menelpon atau WhatsApp ke Hariyo Setiyo Pambudi 0812-2744-8888 atau melalui aplikasi Lapor Pemilih KPU Bintan dengan mengunduhnya di google play store,” katanya.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...