Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

KPK Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Politis Nasdem Bobby Jayanto

Politisi Nasdem Bobby Jayanto saat dilantik sebagai Anggota DPRD Kepri Periode 2019-2024 (Foto: Dok-Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwal ulang pemanggilan dan pemeriksaan anggota DPRD Kepri Bobby Jayanto.

Hal itu dilakukan, setelah sebelumnya politisi Nasdem kota Tanjungpinang ini, mangkir dari panggilan penyidik KPK, dengan alasan baru menerima panggilan.

Plt.Juru Bicara KPK Ali Fikri, mengatakan penjadwalan ulang pemanggilan saksi Bobby Jayanto, akan dilakukan dengan mengirimkan surat panggilan sebagai saksi terhadap tersangka Apri Sujadi dan M.Saleh Umar dalam dugaan korupsi pengaturan kuota Barang kena Cukai di BP.Kawasan Bintan.

“Panggilan pertama mangkir, kami akan kembali jadwalkan pemeriksaannya melalui panggilan kedua. Kami berharap yang bersangkutan (Bobby Jayanto) kooperatif dan bisa hadir sesuai waktu yang ditentukan dalam surat panggilan,”kata Ali dalam rilis yang diterima wartawan Senin (6/9/2021).

Terkait dengan pernyataan Bobby di Media yang menyebut pemanggilan dirinya oleh KPK salah orang, Ali Fikri menegaskan, jika yang bersangkutan merasa salah orang, silakan terangkan dalam pemeriksaan dihadapan tim penyidik KPK.

Karena pemanggilan terhadap setiap orang untuk didengar keterangannya dalam sebuah proses hukum lanjut Ali, merupakan kewajiban setiap warga negara sebagaimana perintah Undang-Undang.

“Kami memastikan, pemanggilan seseorang sebagai saksi, tentu karena kebutuhan penyidikan yang bertujuan untuk membuat terang rangkaian perbuatan dari para tersangka dalam perkara yang sedang disidik,” jelasnya.

Sebelumnya anggota DPRD Kepri dari Partai Nasdem, Bobby Jayanto mangkir dari panggilan Penyidik KPK karena mengaku, baru menerima surat panggilan pada Jumat (3/9/2021) lalu.

Bobby yang juga Ketua DPW Nasdem kota Tanjungpinang ini, mengatakan mengetahui dirinya dipanggil penyidik KPK melalui surat nomor: SPGL/3929/DIK01.00/23/08/2021 tanggal 25 Agustus 2021 pada Jumat (3/9/2021), yang disampaikan stafnya di Komisi I DPRD Kepri.

KPK sebelumnya juga mengatakan, pemanggilan Bobby Jayanto sebagai saksi, dilakukan untuk proses hukum tersangka Apri Sujadi daan M.Saleh Umar yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pengaturan kuota Barang kena Cukai jenis Rokok dan Minuman Beralkohol (Mikol) di Badan Pengusahaan Kawasan (BPK) Bintan 2016-2018.

Penulid:Roland
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...