Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sekda Bintan Pastikan Sembilan Jabatan Kepala OPD Kosong Segera Terisi

*Open Bidding Jabatan Eselon II Dijadwalkan November 2021

Sekda Bintan Adi Prihantara. (Foto: Dokumentasi/Presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Bintan – Sekda Bintan Adi Prihantara memastikan, jabatan kosong setingkat eselon II pada sembilan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Bintan segera terisi pada Desember 2021 mendatang.

Dengan demikian, tidak ada lagi rangkap jabatan dengan status pelaksana tugas (Plt), yang dipegang sejumlah pegawai seperti yang terjadi selama ini.

“Desember sudah ada pejabat yang mengisinya. Bukan Plt lagi tapi pejabat definitif,” ujar Adi, kemarin.

Adi menambahkan, jika Kemendagri menyetujui usulan mutasi di Pemkab Bintan. Maka langsung dilakukan mutasi Eselon III dan IV terlebih dahulu. Selanjutnya, dilaksanakan pembentukan panitia lelang jabatan atau open bidding untuk pejabat eselon II.

Jabatan kepala OPD yang kosong meliputi Kepala Bapelitbang, Kepala Inspektorat, Kepala DKUPP, Kepala Kesbangpol, Kepala BP2RD, Kepala BPBD, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setdakab Bintan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Sekretaris Dewan.

“Jadi mutasi Eselon II untuk mengisi 9 kursi kosong itu, tidak pakai Baperjakat lagi. Tapi panitia open bidding. Jadi dibentuk dulu panitianya barulah para pejabat bisa ikut seleksi open bidding tersebut,” jelasnya.

Panitia open bidding itu terdiri dari 5 orang. Yaitu 1 orang dari Pemprov Kepri, 2 orang dari tokoh masyarakat, dan 2 orang lagi dari Pemkab Bintan. Setelah terbentuk, barulah dibuka open bidding dan bisa diikuti oleh pejabat dari luar Bintan juga.

Untuk open bidding ini diperkirakan akan dilaksanakan Oktober-November. Sedangkan untuk pelantikan pejabat yang terpilih pada Desember.

“Mutasi itu dilakukan sebagai bentuk penyesuaian kompetensi. Tidak ada yang namanya orang ini dan itu karena semuanya melalui seleksi,” demikian Adi Prihantara.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...