Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kejati Kepri Ajukan Perlawanan (Verzet) Atas Putusan Penghentian Penyidikan Korupsi Ruislag RRI

Ilustrasi Hakim saat mengetok Palu dalam menjatuhkan putusan. (Foto: Istimewa-Presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kejaksaan tinggi Kepri mengajukan perlawanan (Verzet) terhadap putusan Praperadilan hakim PN Tanjungpinang yang mengabulkan permohonan tersangka Juliet Asri dan menghentikan (SP3) Penyidikan dugaan korupsi Ruislag lahan RRI.

Perlawanan atau Verzet, diajukan Kejati Kepri sebagai termohon praperadilan atas Putusan Hakim PN dan pemohon praperadilan Juliet Asri ke PN Tanjungpinang.

Kepala seksi Penerangan hukum Jendra Firdaus membenarkan pengajuan perlawanan oleh Kejaksaan tinggi Kepri tersebut, Dan saat ini menurutnya, telah diajukan ke PN Tanjungpinang.

“Kejaksaan sebagai termohon mengajukan perlawanan (Verzet) atas putusan praperadilan PN, Permohonan perlawanan itu sudah disampaiakan ke Pengadilan,” ujarnya pada PRESMEDIA.ID saat dikonfrimasi, Rabu (8/9/2021) kemarin.

Disinggung mengenai dasar perlawanan yang diajukan, Jendra meminta, agar Media langsung cek ke PN karena sudah diajukan.

“Silakan saja ditanya dan dicek di PN, Permohonan perlawanan itu sudah diajukan,” ujar Jendra.

Ditempat terpisah, Humas PN Tanjungpinang Eduard MP Sihaloho membenarkan pengajuaan perlawanan dari Kejati Kepri terhadap putusan Praperadilan Hakim PN tersebut.

“Saat ini masih dalam persiapan proses, menunggu penetapan KPN,” jelas Eduard.

Dikutip dari berbagai sumber, istilah Verzet dalam hukum acara adalah perlawanan tergugat atau termohon atas putusan yang dijatuhkan secara Verstek oleh Hakim.

Verzet termasuk kategori upaya hukum biasa yang sifatnya menghentikan pelaksanaan putusan untuk sementara. Namun, verzet lazimnya digunakan dalam hukum acara perdata. Verzet merupakan suatu upaya hukum yang sering diajukan untuk melawan putusan verstek yang dijatuhkan Hakim atas ketidakhadiran termohon.

Dan dalam ketentuan Pasal 83 ayat 1 dan ayat 2 KUHAP menyatakan, terhadap putusan Praperadilan dari Pengadilan tidak dapat dimintai banding kecuali terhadap putusan mengenai sah tidaknya suatu penghentian Penyidikan atau penuntutan.

Sebelumnya, Hakim PN Tanjungpinang Tofan Husna Pattimura mengabulkan permohonan pemohon Praperadilan Juliet Asri atas penetapannya sebagai tersangka korupsi Ruislag lahan RRI.
Dalam putusan, Hakim memerintahkan Jaksa Penyidik di Kejaksaan Tinggi Kepri menghentikan Penyidikan melalui Penerbitan Surat Pemberitahuan Penghentian Penyidikan (SP3) Korupsi Ruislag lahan RRI.

Perintah penghentian penyidikan dan penuntutan itu, dikatakan Hakim atas tidak sahnya penetapan Juliet Asri sebagai tersangka, karena perkara dugaan korupsi Ruislag RRI yang disidik Kejaksaan Tinggi kepri dinyatakan daluwarsa.

Dalam putusannya, Hakim Tofan menyatakan, mengabulkan permohonan pemohon (Tersangka Juliet Asri) sebagian atas sah tidaknya penetapan tersangka dalam dugaan kasus korupsi Ruislag yang disidik Kejaksaan tinggi Kepri karena Daluwarsa.

Menyatakan surat perintah penyidikan Kejati Kepri Nomor 212/L.10/FD.1/07/2021 tanggal 15 Maret 2021 sebagai dasar penetapan pemohon sebagai tersangka adalah tidak sah karena kasus sudah Kadaluarsa.

Atas tidak sahnya penyidikan Jaksa, selanjutnya Hakim juga memerintahkan termohon Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, untuk menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) terhadap pemohon tersangka Juliet Asril.

Penulis:Redaksi
Editor  :Redaksi 

Comments
Loading...