Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Meski Covid-19 Melandai, Gubernur Tetap Berlakukan Antigen Sebagai Syarat Perjalanan

Hiruk-pikuk dan mobilitas warga di sekitar Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. (Foto: Dokkementasi/Presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menegaskan, meski grafik kasus Covid-19 di Kepri sudah melandai, namun tes swab antigen sebagai syarat perjalanan laut antar daerah masih tetap diberlakukan.

”Pemberlakuan tes swab antigen belum dicabut dan tetap diberlakukan. Hal ini, untuk mengurangi mobilitas orang dari suatu daerah ke daerah lainnya,” ungkap Gubernur Ansar, Jumat (10/9/2021).

Menurut Ansar, salah satu faktor yang menjamin kasus Covid-19 cepat menurun adalah semakin kecilnya indeks mobilitas orang di suatu daerah.

Maka dari itu, diharapkan dengan masih diberlakukannya tes swab antigen sebagai syarat perjalanan, membuat warga mengurangi mobilitasnya.

”Sehingga, jika tidak memiliki kebutuhan mendesak, tak perlu berangkat ke mana-mana. Karena indeks mobiilitas yang kecil menjamin Covid cepat menurun,” ujarnya.

Sebelumnya, pihak Kimia Farma yang menyediakan fasilitas di antigen di pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menurunkan tarif swab antigen. Dari Rp 125 ribu menjadi Rp85 ribu per sekali pemeriksaan swab antigen.

Diharapkan penurunan harga pemeriksaan swab antigen ini dapat mengurangi beban masyarakat yang hendak melakukan perjalanan antar pulau.

Berdasarkan data Satgas penanganan Covid-19 Kepri, per 9 September 2021 kasus terkonfirmasi positif bertambah 52 kasus dan kasus sembuh juga bertambah 72 kasus.

Sedangkan untuk total kasus aktif saat ini sebanyak 612 orang. Sementara untuk jumlah kematian bertambah 3 orang, sehingga secara kumulatif korban meninggal dunia akibat Covid-19 sebanyak 1.696 orang.

Penulis: Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...